Buried (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Buried
Buried Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Rodrigo Cortés
Produser Adrián Guerra
Peter Safran
Penulis Chris Sparling
Pemeran Ryan Reynolds
Musik Víctor Reyes
Sinematografi Eduard Grau
Penyunting Rodrigo Cortés
Perusahaan
produksi
Yari Film Group
Phoenix Pictures
Bob Yari Productions
Battleplan Productions
The Safran Company
Versus Entertainment
Dark Trick Films[1]
Distributor Lionsgate (Amerika Serikat)
Warner Bros. (Spanyol)
Tanggal rilis
24 September 2010 (Amerika Serikat
1 Oktober 2010 (Spanyol
Durasi
94 menit
Negara Spanyol[2]
Bahasa Inggris
Anggaran 2 juta[3]
Pendapatan kotor $19,152,480[4]

Buried merupakan sebuah film Spanyol yang dirilis pada tahun 2010. Film yang disutradarai oleh Rodrigo Cortés ini pemainnya antara lain ialah Ryan Reynolds, Robert Paterson, Stephen Tobolowsky, Samantha Mathis dan masih banyak lagi.

Film ini dirilis pada tanggal 24 September 2010.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Paul Conroy (Ryan Reynolds) sebenarnya bukanlah pria yang siap menerima ajal namun karena tuntutan pekerjaan, terpaksa ia berangkat ke Irak untuk bekerja sebagai kontraktor di sana. Paul tahu kalau bekerja di Irak artinya ia harus menanggung risiko namun ia tak pernah membayangkan risikonya akan sebesar yang akan ia hadapi.

Suatu ketika, Paul terbangun dan merasa ada yang aneh. Di sekitarnya begitu gelap sementara sepertinya tak banyak ruang buatnya untuk bergerak. Setelah kesadarannya mulai pulih Paul menemukan korek api, sebilah pisau dan sebuah ponsel. Dengan penerangan seadanya dari korek api yang ia temukan, Paul sadar kalau ia berada di sebuah ruangan yang sangat sempit. Bukan hanya sempit ternyata ia tak punya ruang gerak sama sekali.

Paul tak tahu bagaimana ia bisa berada di dalam peti mati. Paul juga tak mengerti siapa yang mengurungnya di dalam peti mati dan dengan tujuan apa. Harapan hidup Paul hanya tinggal ponsel yang ada di tangannya. Tapi itupun bukan solusi yang mudah karena ternyata Paul tidak hanya dikurung di dalam peti mati tetapi juga dikubur hidup-hidup. Sebentar lagi baterai ponsel Paul akan habis sementara ia tak bisa menghubungi siapa pun.

Tahun 2002 lalu ada sebuah film berjudul PHONE BOOTH. Film yang dibintangi oleh Colin Farell ini nyaris hanya mengambil lokasi syuting di sebuah kotak telepon umum namun nyatanya lokasi yang tak terlalu luas itu tidak menjadi halangan untuk membuat film yang menarik. Bagaimana kalau lokasi itu dipersempit lagi? Apakah efek yang sama masih bisa dipertahankan? Jawabnya adalah BURIED.

Tak heran jika biaya produksi BURIED ini hanya sekitar US$2 juta saja. Memang tak diperlukan biaya banyak untuk syuting film ini. Yang diperlukan hanyalah menggaji Ryan Reynolds plus beberapa pengisi suara saja. Selebihnya mungkin tak terlalu banyak biaya yang harus dikeluarkan. Syuting bisa dilakukan di mana saja karena yang diperlukan hanyalah peti mati tempat Ryan Reynolds memamerkan kemampuan aktingnya. Rodrigo Cortes, sang sutradara, memang layak mendapat acungan jempol karena ia mampu menyajikan sebuah tontonan yang mencekam tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Hebatnya lagi, Ryan Reynolds yang notabene tak memiliki ruang untuk beraksi ternyata mampu mengajak penonton untuk masuk ke dalam pikirannya, ketakutannya, kemarahannya, dan kepasrahannya saat terjebak di dalam peti mati. Semua itu dilakukan Ryan Reynolds dalam sebuah ruang sempit yang tak memungkinkan aktor ini menggunakan body language. Mau tak mau yang bisa dilakukan Ryan hanyalah mengolah suara dan raut mukanya saja. Meskipun begitu, hasilnya sangat memuaskan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Company Information". nytimes.movies. Diakses tanggal October 18, 2010. 
  2. ^ Nelson, Rob (January 26, 2010). "Buried Review". Variety. Diakses tanggal October 19, 2010. 
  3. ^ "Ryan Reynolds interviewed by Jian Ghomeshi on Q". CBC.ca. 2010-09-28. Diakses tanggal 2010-09-29. 
  4. ^ http://www.boxofficemojo.com/movies/?id=buried.htm
  5. ^ "Crazy Buried with Ryan Reynolds is Really a One Man Show". Slashfilm.com. 2009-07-03. Diakses tanggal 2010-09-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]