Buntut sate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buntut sate
Rentang fosil: Early Eocene to present
Phaethon rubricauda
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Phaethontidae

Brandt, 1840
Genus:
Phaethon

Spesies tipe
Phaethon aethereus
Linnaeus, 1758
Spesies
Sinonim[1]
  • Leptophaethon Mathews 1913
  • Lepturus Moehring 1752 nom rej.
  • Lepturus Brisson 1760
  • Scaeophaethon Mathews 1913
  • Phoenicurus Bonaparte 1855 non Forster 1817
  • Tropicophilus Stephens 1826

Buntut sate (Phaethontidae) adalah salah satu famili burung laut pelagis tropis. Famili ini merupakan satu-satunya anggota ordo Phaethontiformes yang masih ada. Selama bertahun-tahun mereka dianggap sebagai bagian dari ordo Pelecaniformes, tetapi studi genetika menunjukkan bahwa mereka lebih dekat hubungannya dengan ordo Eurypygiformes. Di dalamnya hanya terdapat tiga spesies burung saja dalam satu genus yang bernama Phaethon. Nama ilmiah genusnya berasal dari Bahasa Yunani Kuno yakni phaethon, yang berarti "matahari".[2] Mereka memiliki bulu yang didominasi warna putih dengan bulu ekor memanjang dan tungkai kecil yang lemah.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Ukuran burung ini berkisar dari 76 cm hingga 102 cm dan lebar sayapnya 94 cm hingga 112 cm. Bulu mereka didominasi warna putih, dengan bulu ekor tengah memanjang. Ketiga spsiesnya memiliki kombinasi tanda hitam yang berbeda di bagian wajah, punggung, dan sayap. Paruhnya besar, kuat, dan sedikit melengkung. Kepalanya besar dan leher mereka pendek dan tebal. Mereka memiliki kaki yang keempat jari kakinya dihubungkan oleh jaring, kaki yang terletak jauh di belakang tubuhnya sehingga tidak memungkinkan untuk berjalan, sehingga mereka hanya dapat bergerak di darat dengan mendorong diri ke depan menggunakan kaki.[3]

Suara burung ini biasanya terdengar seperti peluit yang keras, menusuk, melengking, tetapi berderak. Ini sering diberikan dalam rangkaian cepat saat mereka dalam penerbangan pajangan di koloninya. Dalam literatur lama mereka disebut sebagai burung kepala perahu (bo'sun'/bosun) karena suara siulannya yang keras.[4]

Perilaku dan Ekologi[sunting | sunting sumber]

Burung buntut sate sering menangkap mangsanya dengan melayang dan kemudian menyelam, biasanya hanya ke lapisan permukaan perairan. Mereka kebanyakan makan ikan terutama ikan terbang, dan terkadang cumi-cumi.[3] Burung tropis cenderung menghindari kawanan makan multi-spesies, tidak seperti burung cikalang yang memiliki pola makan serupa.

Burung ini biasanya soliter atau berpasangan jauh dari koloni berkembang biak. Di sana mereka terlibat dalam pertunjukan berkasih-kasihan yang spektakuler. Selama beberapa menit, kelompok yang terdiri dari 2–20 burung secara bersamaan dan berulang kali terbang mengelilingi satu sama lain dalam lingkaran vertikal besar, sambil mengayunkan pita ekor dari sisi ke sisi. Jika betina menyukai presentasi tersebut, dia akan kawin dengan jantan di calon lokasi sarangnya. Kadang-kadang, perselisihan akan terjadi antara pejantan yang berusaha melindungi pasangannya dan tempat bersarang.

Burung ini umumnya bersarang di lubang atau celah yang ada di tanah kosong. Betinanya bertelur dan mengeraminya selama 40–46 hari. Inkubasi dilakukan oleh kedua induknya, tetapi kebanyakan betina, sedangkan jantan membawa makanan untuk memberi makan betina. Ketika anaknya telah menetas ia akan tinggal sendirian di sarang, sementara kedua induknya mencari makanan, dan mereka akan memberi makan anaknya dua kali setiap tiga hari sampai menjadi dewasa, sekitar 12–13 minggu setelah menetas. Awalnya burung yang muda tidak bisa terbang, mereka akan mengapung di lautan selama beberapa hari untuk menurunkan berat badan sebelum terbang.

Anaknya memiliki pertumbuhan yang lebih lambat daripada burung dekat pantai, dan mereka cenderung menumpuk timbunan lemak saat masih muda. Hal tersebut bersamaan dengan cengkeraman satu telur, tampaknya merupakan adaptasi terhadap gaya hidup pelagis di mana makanan sering dikumpulkan dalam jumlah besar, tetapi mungkin sulit ditemukan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Part 7- Vertebrates". Collection of genus-group names in a systematic arrangement. 2007. Diakses tanggal 30 June 2017. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 301. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ a b Schreiber, E.A. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 63. ISBN 978-1-85391-186-6. 
  4. ^ Green, J.F. (1887). Ocean Birds. London: R.H. Porter. hlm. 52.