Bunda dari La Vang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Bunda dari La Vang, yang dibangun pada 1928 dan dihancurkan pada 1972 saat perang
Gereja Bunda dari La Vang yang sekarang telah dihancurkan
Patung Bunda dari La Vang yang mengenakan Ao dai di Katedral Phát Diệm
Gambar pada pranala luar
http://www.stripes.com/blogs/archive-photo-of-the-day/archive-photo-of-the-day-1.9717/damaged-cathedral-in-vietnam-1972-1.146467 War damage to Our Lady of La Vang church, 7 Juli 1972. Sumber: Stars and Stripes.

Bunda dari La Vang (Vietnam: Đức Mẹ La Vang) merujuk kepada sebuah penampakan Maria yang dilaporkan pada suatu waktu ketika penganut Katolik dianiaya dan dibunuh di Vietnam. Biara Bunda dari La Vang (Basilika Bunda dari La Vang) saat ini berada di komune Hai Phu, distrik Hải Lăng, provinsi Quảng Trị, tengah Vietnam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan menyebarnya ajaran Katolik, Kaisar Cảnh Thịnh berupaya untuk menangkis praktik Katolik di negara tersebut pada 1798. Tak lama setelah itu, kaisar mengeluarkan sebuah maklumat anti-Katolik yang menyebabkan penganiayaan terjadi.

Beberapa orang mengungsi ke hutan hujan La Vang di Provinsi Quảng Trị, Vietnam, dan beberapa orang menjadi terkena penyakit. Ketika bersembunyi di hutan, orang-orang tersebut berkumpul setiap malam di kaki pohon untuk doa rosario. Suatu malam sebuah penampakan mengejutkan mereka. Di cabang pohon, seorang wanita muncul mengenakan pakaian áo dài tradisional Vietnam dan menggendong seorang anak, dengan dua malaikat di sampingnya. Orang-orang tersebut menganggap bahwa penglihatan tersebut sebagai Bunda Maria dan bayi Yesus Kristus. Mereka berkata bahwa Bunda Maria menyuruh mereka untuk memetik dedaunan dari pohon-pohon untuk mengobati orang-orang yang sakit. Legenda berkata bahwa istilah "La Vang" berasal dari kata Vietnam yang artinya "tak menangis". Para sarjana modern bercaya bahwa kata tersebut berasal dari praktik penamaan tempat untuk sebuah genus dari sebuah pohon atau tanaman yang tumbuh di wilayah tersebut, La artinya "daun" dan '"Vang artinya "benih-benih herbal".

Meskipun tidak ada pengesahan Vatikan resmi yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut adalah penampakan Maria, pada 19 Juni 1998, Paus Yohanes Paulus II secara umum mengesahkan pengaruh Bunda dari La Vang dan memerintahkan pembangunan kembali Basilika La Vang untuk memperingati peringatan ke-200 dari penglihatan pertama tersebut.[1]

Di Filipina, kapel Bunda dari La Vang saat ini merupakan gereja paroki dan biara nasional Katolik Roma di Kota Puerto Princesa, Palawan. Bangunan tersebut menjadi bangunan pelindung Puerto Princesa dan Palawan.

Gereja di luar Vietnam[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini dibawa dari La Vang, sekarang di Washington DC

Kanada[sunting | sunting sumber]

  • Gereja Bunda dari La Vang - Ottawa

Philippines[sunting | sunting sumber]

  • Biara Nasional Bunda dari La Vang, Kota Puerto Princesa, Palawan
  • Paroki Bunda dari La Vang - Kota Quezon, Metro Manila
  • Gereja Bunda dari La Vang - Kota Taguig, Metro Manila

AS[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Message of Pope John Paul II for the Conclusion of the Marian Year in La Vang, Viet Nam". Our Lady of La Salette and Saint Joseph Catholic Church. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2003-09-01. Diakses tanggal 9/11/15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Our Lady of La Vang di Wikimedia Commons