Bumerang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bumerang

Bumerang adalah senjata lempar khas suku Aborigin dari Australia yang digunakan untuk berburu. Sementara senjata serupa Throwing Stick (tongkat lempar) juga diketahui dibuat oleh kebudayaan-kebudayaan lain di seluruh dunia, kebanyakan orang mengasosiasikan bumerang dengan Australia karena konsistensi sejarah dan ragam contohnya. Gerakan bumerang adalah kombinasi translasi dan rotasi mirip baling-baling helikopter. Bumerang digunakan sebagai alat berburu oleh suku Aborigin di masa lampau. Sejak kecil suku aborigin dilatih menggunakan bumerang.mulai dilatih dari bumerang yang terbuat dari kayu kemudian bumerang dengan logam yang ujungnya tumpul dan dilatih menggunakan logam yang ujungnya tajam.

Mengapa bumerang bisa kembali Desain bumerang yang sejak dulu diciptakan mampu membelokkan aliran udara ke atas dan menciptakan efek gaya angkat ke atas (Hukum Bernaulli). Sebabnya adalah, udara di atas bumerang ternyata lebih cepat dari aliran udara yang ada di bawah. Teori ini lah yang rupanya mampu membuat bumerang mengudara lebih lama.

Cara melempar bumerang juga membantunya bergerak dalam lingkaran besar. Bumerang harus dipegang secara vertikal sisi lengkungnya menghadap ke pelempar. Bumerang juga mampu berputar sekitar 10 kali perdetik dan bergerak maju dengan kecepatan sekitar 95 km/jam.

Belokan otomatis ke kiri ini berasal dari bagaimana angin melewati lengan-lengan yang berputar. Bumerang pun terbang ke depan, tetapi tertarik ke belakang sedikit, setiap kali salah satu lengan memutar ke bawah dan kembali.

Kombinasi ini menimbulkan tekanan di bagian atas bumerang dan berangsur-angsur membelok ke kiri. Ketika membentuk lingkaran besar, bumerang juga akan 'berbaring' seperti baling-baling helikopter yang berputar-putar, lalu melayang turun dari udara dan mendarat dengan tepat ke tangan pelemparnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bumerang biasanya terbuat dari potongan kayu, namun menurut sejarah bumerang juga ada yang terbuat dari tulang. Bumerang modern yang digunakan untuk olahraga terbuat dari plastik, plastik ABS, atau material berteknologi tinggi seperti Karbon Fiber. Bumerang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran tergantung dari letak geografis, asal usul suku dan kegunaannya.

Bumerang Moderen[sunting | sunting sumber]

Seiring perkembangan jaman bumerang moderen digunakan telah digunakan sebagai alat olahraga. Ada berbagai jenis perlombaan bumerang seperti : accuracy of return, Aussie round, trick catch, maximum time aloft MTA, fast catch, Consecutive Catch, Long Distance, Juggling and endurance. Bumerang modern terbuat dari birchplywood Finlandia, kayu, plastik atau bahan komposit serta memiliki bentuk bermacam. Kebanyakan bumerang olahraga biasanya memiliki berat kurang dari 100 gram Turnamen bumerang modern biasanya melibatkan beberapa atau semua kelas kompetisi yaitu :

Aussie Round:. Bumerang idealnya harus menyeberangi 50 meter (160 kaki) lingkaran dan datang kembali ke pusat. Setiap pelempar memiliki lima kesempatan melempar. Poin diberikan untuk jarak, akurasi dan menangkap.

Akurasi: poin diberikan sesuai dengan seberapa dekat tanah bumerang ke pusat cincin. Pelempar tidak boleh menyentuh bumerang setelah telah dilemparkan karena bumerang akan dibiarkan jatuh ke tanah lalu diukur seberapa jauh dari titik melemper sebagai penilaianya. Setiap pelempar memiliki lima kesempatan melempar. Dalam kompetisi utama ada dua kelas untuk kompetisi akurasi: Akurasi 100 dan Akurasi 50.

Endurance: poin diberikan untuk jumlah tangkapan yang dicapai peserta dalam 5 menit.peserta hanya boleh melempar di dalam lingkaran kecil berdiameter 2 meter dan bumerang harus memiliki radius terbang minimal 20 meter.tangkapan boleh diluar lingkaran kecil namun saat melempar harus didalam lingkaran kecil.

Fast Catch: kompetisi mencatat waktu tercepat yang dibutuhkan untuk melempar dan menangkap bumerang sebanyak lima kali. peserta hanya boleh melempar di dalam lingkaran kecil berdiameter 2 meter dan bumerang harus memiliki radius terbang minimal 20 meter.tangkapan boleh diluar lingkaran kecil namun saat melempar harus didalam lingkaran kecil.

Trick Catch/Doubling: poin diberikan untuk trik menangkap dengan satu tangan kanan,satu tanagn kiri,belakang punggung, antara kaki, dan sebagainya. Sedangkan Doubling pelempar harus melempar dua bumerang pada saat yang sama dan menangkap mereka secara berurutan dengan cara khusus. bumerang dalam kelas kompetisi ini harus memiliki radius terbang minimal 20 meter

Consecutive Catch: poin diberikan untuk jumlah tangkapan yang didapat sampai bumerang tidak tertangkap, kelas kompetisi ini tidak memiliki batasan waktu dan bumerang dalam kelas kompetisi ini harus memiliki radius terbang minimal 20 meter

MTA 100 (Maksimal Waktu Aloft, 100 meter (330 kaki)): poin diberikan untuk jangka waktu yang lamanya boomerang di udara sampai ditangkap pelempar. Bumerang hanya boleh dilempar dan ditangkap didalam lingkaran berdiameter 100 meter

Long Distance: kelas kompetisi bumerang yang pointnya diukur dari jarak terbang bumerang terjauh yang dapat ditarik garis lurus dengan pelempar, bumerang yang kembali harus masuk lingkaran dengan radius 40 m dari sipelempar.


{{senjata-stub}