Bukit Teletubbies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Bukit Teletubbies merupakan tempat wisata yang berada di kawasan kabupaten Sleman. Lokasinya berada di dekat tempat wisata Candi Ijo dan tempat wisata Tebing Breksi. Lokasi wisata bukit Teletubbies berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55572. Dari kota Jogja, waktu yang dibutuhkan untuk menempuh Bukit Teletubbies ini sekitar 1 jam dengan jarak 21 km.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya bukit ini hanyalah ladang milik warga yang ditanami berbagai macam tumbuhan palawija yang sengaja di tanam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga kemudian pengelola wisata Rumah Dome melihat peluang tempat tersebut untuk dijadikan tempat wisata. Rumah Dome yang berbentuk setengah lingkaran sama halnya seperti rumah yang ada pada film karakter teletubbies merupakan rumah yang dulunya di bangun sebagai tempat pengungsian warga ketika terjadi bencana besar pada tahun 2006 yang dialami kota Jogja pada saat itu. Meski bentuknya terlihat kecil, rumah domes ternyata memiliki beberapa ruang dan ada juga yang memiliki dua lantai. Saat panas terik melanda, udara di dalam rumah domes terasa dingin, sebaliknya ketika hujan lebat penghuni di dalam rumah domes merasa hangat. Selain rumah-rumah penduduk juga terdapat sarana umum seperti mushola, klinik dan aula yang berbentuk setengah llingkaran besar.

Pesona Wisata[sunting | sunting sumber]

Bukit Teletubbies ini memiliki pesona keindahan tersendiri. Disana pengunjung dapat melihat proses terbenamnya matahari. Selain itu di bukit teletubbies kita dapat melihat keindahan kota jogja dari atas. Bukit teletubbies memiliki dua gazebo besar yang dapat dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman, dengan di temani keindahan lembah di sebelah barat dan pegunungan di sebelah utara. Bukit teletubbies memiliki banyak spot-spot foto mulai dari halaman luas dan taman dengan rumput hijau yang dapat kita gunakan untuk duduk lesehan serta gardu pandang untuk spot foto ketinggian.

Selain gardu pandang terdapat font atau tulisan raksasa bertuliskan Bukit Teletubbies yang dapat dijadikan spot untuk pengunjung ber Swafoto atau selfie dan panggung kecil yang dapat digunakan pengelola untuk mengadakan suatu acara maupun pertunjukan seni di Bukit Teletubbies.

Harga Tiket[sunting | sunting sumber]

Ketika masuk ke destinasi wisata Bukit Teletubbies pengunjung cukup memasukkan uang dengan sukarela kerumah terakhir yang dekat dengan pendakian bukit. Untuk harga tiket parkir sepeda motor Rp. 2000 dan untuk mobil Rp. 5000.