Budaya Lingnan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Budaya Lingnan
Hanzi tradisional: 嶺南文化
Hanzi sederhana: 岭南文化
Budaya Kanton
Hanzi tradisional: 粵文化
Hanzi sederhana: 粤文化

Budaya Lingnan atau Budaya Kanton, mengacu pada budaya Tiongkok regional dari wilayah Lingnan: provinsi kembar Guangdong dan Guangxi, yang namanya masing-masing berarti "hamparan timur" dan "hamparan barat".

Sebenarnya istilah "budaya Lingnan" memiliki dua definisi:

  1. Dalam arti geografis murni, istilah ini tidak hanya mencakup budaya Kanton tetapi juga budaya Hakka, Tiochiu, Taishan, Hainan dan kelompok non-Han seperti Zhuangs, Tanka atau She yang ada di wilayah Lingnan.
  2. Biasanya hanya digunakan untuk merujuk pada budaya Kanton, yang secara historis merupakan kekuatan budaya-linguistik yang dominan di Guangdong dan Guangxi.

Artikel ini menggunakan definisi kedua dari "budaya Lingnan" yaitu sebagai sinonim dari "budaya Kanton".

Dengan berpindahnya orang Kanton ke sekitar Hong Kong dan Makau, serta di banyak komunitas yang ada di luar negeri, budaya Lingnan/Kanton telah menjadi kekuatan budaya yang berpengaruh dalam komunitas internasional dan membentuk dasar budaya Hong Kong dan Makau. Banyak kata dalam bahasa Inggris yang meminjam istilah dari bahasa Kanton.

Kota-kota besar Lingnan seperti Gwongzau, Futsan, Shenzhen dan Hong Kong adalah pusat komersial regional (jika tidak mau disebut internasional). Hong Kong misalnya, meraih angka 748 dalam Indeks Pusat Keuangan Global 2016 dan menempati peringkat keempat di dunia, tepat di bawah London dan New York.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Global Financial Centres Index 19". Long Finance. March 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-08. Diakses tanggal 2017-07-10.