Bubut-pacar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bubur-pacar
Clamator jacobinus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Clamator

Kaup, 1829
Spesies tipe
Cuculus glandarius[1]
Linnaeus, 1758
Spesies

Lihat teks

Clamator atau bubut-pacar adalah sebuah genusburung dalam famili Cuculidae. Burung ini merupakan burung dengan Parasitisme induk besar, dengan jambul dan ekor berlapis-lapis.

Burung ini merupakan burung berukuran besar, panjangnya diperkirakan hingga mencapai 33 cm (13 in), dengan sayap coklat lebar dan ekor panjang dan sempit. Mereka bermotif mencolok dengan bulu hitam, putih, dan coklat. Jenis kelaminnya serupa tetapi bulu remajanya berbeda. Kedua spesies Afrika masing-masing juga memiliki dua morf warna yang berbeda, terang dan gelap.

Semua spesiesnya merupakan burung dnegan Parasitisme induk, yang bertelur di sarang inang berukuran sedang seperti halnya kucica, jalak, bentet, poksay, merbah, dan tepus, tergantung lokasinya. Berbeda dengan kangkok erasia, baik betina maupun anaknya, burung yang menetas tidak mengeluarkan telur inangnya, tetapi anak burung inangnya sering kali mati karena tidak mampu bersaing dengan burung kukuk untuk mendapatkan makanan.

Burung ini adalah burung bersuara berisik, dengan panggilan yang terus-menerus dan keras. Mereka memakan serangga besar, terutama ulat berbulu yang tidak disukai banyak burung karena merupakan spesialisasinya.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Ada empat spesies burung bubut pacar yakni:[2]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
Clamator coromandus Bubut-pacar jambul anak benua India bagian utara, Cina, dan Asia Tenggara
Clamator glandarius Bubut-pacar elok Afrika dan Cekungan Mediterania
Clamator levaillantii Bubut-pacar Levaillant Sub-Sahara Afrika
Clamator jacobinus Bubut-pacar belang Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cuculidae". aviansystematics.org. The Trust for Avian Systematics. Diakses tanggal 2023-08-05. 
  2. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Turacos, bustards, cuckoos, mesites, sandgrouse". World Bird List Version 9.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 26 June 2019.