British Interplanetary Society

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
British Interplanetary Society
SingkatanBIS
Tanggal pendirian1933
StatusOrganisasi nirlaba
TujuanUK space advocacy, promotion of astronautics research
Lokasi
  • 27/29 South Lambeth Road, Vauxhall, London, SW8 1SZ
Wilayah layanan
Britania Raya
Jumlah anggota
Siapapun yang tertarik dengan luar angkasa
Presiden
Alistair Scott
AfiliasiInternational Astronautical Federation
Situs webbis-space.com

British Interplanetary Society (BIS), yang didirikan di Liverpool pada tahun 1933 oleh Philip E. Cleator,[1] adalah organisasi advokasi luar angkasa tertua yang masih ada di dunia. Tujuan BIS adalah secara eksklusif untuk mendukung dan mempromosikan astronautika dan eksplorasi luar angkasa. Ini adalah organisasi nirlaba yang berpusat di London dan dibiayai oleh sumbangan anggotanya. Kantornya terletak di South Lambeth Road (A203) dekat stasiun Vauxhall.

BIS hanya mendahului organisasi-organisasi lain dalam bidang astronautika seperti American Interplanetary Society (didirikan tahun 1930), German VfR (didirikan tahun 1927), dan Soviet Society for Studies of Interplanetary Travel (didirikan tahun 1924), tetapi berbeda dengan organisasi-organisasi tersebut, BIS tidak pernah diserap ke dalam industri nasional. Oleh karena itu, saat ini BIS adalah badan advokasi luar angkasa yang paling tua di dunia yang masih ada.[2]

Saat pertama kali dibentuk pada bulan Oktober 1933, BIS tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan profil publik astronautika, tetapi juga untuk melakukan percobaan praktis dalam roketik dengan pendekatan serupa seperti organisasi-organisasi di atas. Namun, awal tahun 1936, BIS menemukan bahwa ambisi ini terhalang oleh Explosives Act of 1875, yang mencegah adanya pengujian roket dengan bahan bakar cair oleh pihak swasta di Britania Raya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reaching for the Stars History Today, Volume: 63 Issue: 1 2013
  2. ^ "BIS". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-28. Diakses tanggal 2023-06-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]