Brisbane Tigers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Brisbane Tigers
Brisbane-Tigers-black-text-Logo.svg
Informasi klub
Nama penuh Brisbane Tigers Rugby League Football Club Inc.
Nama panggil The Tigers, Easts
Situs web thetigers.com.au
Warna   Orange
  Black
Didirikan Coorparoo (1917), Eastern Suburbs Districts (1933)
Detail terkini
Lapangan Langlands Park (5,000)
CEO Brian Torpy
Pelatih Jon Buchanan
Kapten Darren Nicholls
Kompetisi Piala Queensland
musim 2021 ke-8
Records
Kejuaraan 8 (1923, 1947, 1950, 1972, 1977, 1978, 1983, 1991)
Runner-up 17 (1922, 1925, 1926, 1946, 1948, 1949, 1951, 1953, 1968, 1971, 1992, 1993, 1995, 1997, 2004, 2013, 2014, 2018)
Cap terbanyak 226 - Des Morris
Poin terbanyak 871 - Shane McNally

Brisbane Tigers adalah klub liga rugby yang berbasis di Langlands Park, di pinggiran kota Coorparoo di Brisbane, Australia. Sejak tahun 1996, mereka telah berkompetisi di Queensland Cup, setelah berkompetisi di Brisbane Rugby League dari tahun 1934 hingga 1997, di mana mereka memenangkan delapan gelar premier.

Dibentuk sebagai Coorparoo pada tahun 1917, klub ini menjadi Eastern Suburbs Tigers pada tahun 1933, biasanya disebut sebagai Easts Tigers atau Easts. Pada tahun 2020, klub tersebut berganti nama menjadi Brisbane Tigers, mempertahankan warna tradisional emas dan hitam mereka.

Tigers telah memulai acara podcast episodik mingguan baru yang dibagikan di seluruh jejaring sosial Tigers, yang disebut League & More with John Devine, ditampilkan secara menonjol di Situs web Brisbane Tigers TigerTV https://tigertv.net/ yang merupakan tempat Anda untuk menonton berita, video, dan foto liga rugby dari Queensland Rugby League yang menampilkan Intrust Super Cup, BHP Premiereship, dan Hastings Deering Colts (U20).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berkas:Easts-Tigers LOGO.PNG
Logo Eastern Suburbs

Easts berkompetisi sebagai Coorparoo di Brisbane Rugby League premiership dari tahun 1917. Puncak tahun 1920-an adalah penandatanganan bintang South Sydney, Harold Horder sebagai captain-coach pada tahun 1924 dan 1925. Dengan perpindahan ke sepak bola distrik pada tahun 1933, sebuah klub baru, klub Liga Rugby Distrik Pinggiran Kota Timur, dibentuk.

Klub berjuang di lapangan selama tahun 1930-an dan 1940-an dan berada dalam kesulitan keuangan yang parah. Antara tahun 1937 dan 1945 Easts Tigers hanya memenangkan sembilan dari sembilan puluh pertandingan, dan menderita tiga musim tanpa kemenangan pada tahun 1940, 1944 dan 1945.[1] Namun, pada tahun 1946, klub ini berhasil dihidupkan kembali setelah menderita banyak kekalahan selama tahun-tahun perang dengan terpilihnya kembali A.G. (Taffy) Welch sebagai presiden klub dan implementasi sepenuhnya komite manajemen baru. Pada tahun 1946 tidak kurang dari dua belas tim terdaftar di Brisbane Rugby League. Dari tim tersebut, sepuluh adalah semi finalis dan tujuh mencapai grand final. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kepada publik tim kelas satu yang sangat kuat. Tahun berikutnya, 1947, melihat apa yang mungkin akan menjadi tim terbesar yang dikerahkan oleh klub. Setiap trofi yang diperebutkan dalam kompetisi BRL dan Liga Utama dimenangkan dan memiliki tidak kurang dari sebelas pemain yang dipilih untuk tim Piala Bulimba Brisbane.

Easts Tigers memenangkan gelar perdana mereka berikutnya pada tahun 1950, dan pada tahun 1951 Easts Tigers memperebutkan Grand Final dengan dikalahkan oleh Southern Suburbs, Ini berarti bahwa, sejak kebangkitan klub pada tahun 1946, mereka telah bermain enam grand final berturut-turut. Mereka mencapai semifinal pada tahun 1952 dan grand final pada tahun 1953 di mana mereka kembali dikalahkan oleh Souths. Pada tahun 1954, mereka gagal mencapai empat besar sehingga untuk pertama kalinya dalam delapan tahun mereka gagal bersaing di semi final. Klub itu memenangkan Trofi Memorial Peter Scott di musim 1960 tetapi tidak berhasil lagi sampai mereka memenangkan kompetisi pra-musim pada tahun 1969.

Kekeringan selama 15 tahun di Premiership memaksa pejabat klub untuk mencari pelatih top dan pada tahun 1965 mantan pemain internasional, Clive Churchill bertunangan untuk mencoba membentuk tim menjadi 13 Premiership.[2] Efeknya adalah penampilan klub di Grand Final 1968 melawan Past Brothers. Meskipun kalah di Grand Final, hal itu memicu kebangkitan performa Easts Tigers untuk tahun-tahun mendatang dan Easts Tigers memenangkan kompetisi pramusim Woolworths pada tahun 1969.

Pelatih, Ted Verrenkamp, dan penggantinya, kapten-pelatih Des Morris, membawa kesuksesan besar bagi klub dengan memberikan banyak penampilan final dan kemenangan Grand Final kepada Easts Tigers sepanjang tahun 1970-an. Ini berkat bantuan dari Five-eighth terbaik Queensland sebelum King Wally, Wayne Lindenberg dan talenta junior lokal yang disorot oleh John Lang..

Di era Queensland Wizard Cup, Easts Tigers telah mencapai Grand Final lima kali meskipun telah kehilangan semua pertandingan, yang pertama dari Redcliffe Dolphins pada tahun 1997 kemudian kalah dari Burleigh Bears ] di final perpanjangan waktu yang mengesankan pada tahun 2004. Mereka dikalahkan lagi pada tahun 2013 oleh Mackay dan tahun berikutnya oleh Northern Pride. 2018 melihat kekecewaan berlanjut saat mereka kalah dari Redcliffe Dolphins.

Klub saat ini dipimpin oleh Presiden, Keith Philips dan Chief Executive Officer, Brian Torpy. Pada tahun 2008, tahun keseratus liga rugby di Australia, Klub merayakan hari jadinya yang ketujuh puluh lima.

Pada tanggal 20 Januari 2011, melalui BASES Productions, sebuah grup hiburan yang dijalankan oleh keluarga. Easts Tigers memulai transmisi layanan penggemar untuk membantu meningkatkan profil klub dan para pemainnya yang disebut TigerTV, pada tahun 2012 TigerTV memulai siaran langsung seluruh pertandingan melalui internet; TigerTV secara teratur menyelenggarakan acara streaming langsung Easts Tigers dengan Komentator Mike Higgison, Warren Boland, Gavin Payne, dan David Wright. Pada 6 November 2016, TigerTV bertransisi ke Saluran Streaming 24/7 dengan streaming pemrograman Langsung dan Rekaman secara terus-menerus, bersama dengan tayangan ulang dan sorotan tahun-tahun sebelumnya. Pada 1 Mei 2018, komentator permainan demi permainan Mike Higgison meninggal. TigerTV telah memberikan penghormatan kepada Higgison atas kontribusinya di klub, dan dalam sejarah Liga Rugbi. Reliefnya dan pengganti selanjutnya adalah David Wright yang berperan sebagai komentator permainan demi permainan.

Pada tahun 2018, Easts Tigers bangkit menjelang akhir musim, akhirnya memenangkan setiap semi-final, tetapi ketika menghadapi rival lamanya, Redcliffe Dolphins di Grand Final, Easts Tigers akhirnya menjadi runner-up.

2019 telah melihat perubahan dalam susunan tim, dengan banyak junior dan colt bergerak maju untuk membawa klub maju, dengan 5 putaran pertama kompetisi QRL yang dominan, mereka telah terbukti masih menjadi tim yang kuat, dengan harapan final masih hidup pada ronde 19.

Pada 18 Oktober 2019, Pelatih Kepala baru Craig Hodges memulai masa jabatannya di Langlands Park, baru saja menyelesaikan masa jabatannya di Gold Coast Titans. Hodges, yang menggantikan Garth Brennan yang dipecat sebagai pelatih Gold Coast Titans selama delapan pertandingan tahun itu, diumumkan sebagai mentor baru untuk tim Tigers Intrust Super Cup pada akhir Agustus, menggantikan Scott Sipple. Setelah bertahun-tahun sebagai wakil, Hodges, yang memulai masa jabatannya di Langlands Park awal bulan ini, mengatakan bahwa kesempatan untuk menjalankan programnya sendiri di klub yang membanggakan dan bersejarah seperti Easts adalah kesempatan yang terlalu bagus untuk dilewatkan.[3]

Ada banyak antusiasme untuk musim 2020, tetapi setelah babak pertama dimulai, klub, dan kompetisi Piala Queensland, terpengaruh oleh pandemi COVID-19 dan akibatnya Rugbi Queensland League membatalkan empat kompetisi di seluruh negara bagian pada tahun 2020 karena darurat kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung.

Keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengakhiri Piala Super Intrust, Liga Utama BHP, Hastings Deering Colts dan Piala Auswide Bank Mal Meninga dibuat untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan para pemain dan staf.[4]

Macan kemudian membayar semua kontrak pemainnya, dan membantu mempertahankan staf sebanyak mungkin. Pelatih Kepala Craig dan Kepala Sepak Bola Terry Matterson mulai membantu CEO Brian Torpy merenovasi lapangan bersama Mark McDonald. Membantu menjaga Taman Langlands tetap bersih dan segar.

Pada 4 September 2020, klub mengumumkan re-branding mereka sebagai Brisbane Tigers. Mulai musim 2021 dan seterusnya, klub akan bermain dengan nama baru di kompetisi Queensland Cup, Hastings Deering Colts, QRL Women's Premiership dan Mal Meninga Cup, tetapi tetap sebagai Eastern Suburbs Tigers untuk tim lokal dan junior mereka.[5]

Pelatih Kepala Craig Hodges mengumumkan pada 24 September 2020 bahwa ia akan mengundurkan diri dan pindah ke New Zealand Warriors, klub sangat senang dengan pengangkatannya dan berharap yang terbaik untuknya. Hampir pada waktu yang sama, Terry Matterson menyatakan minatnya untuk menjadi Pelatih Kepala Macan, dan disetujui pada hari Selasa berikutnya. Tetapi segera setelah penunjukan Kevin Walters menjadi Pelatih Queensland Maroons menjadi Pelatih Kepala Brisbane Broncos pada 30 September,[6] Terry didekati untuk menjadi asisten Pelatih dan pada 15 Oktober 2020, diumumkan bahwa Kevin Walters telah mengumpulkan Tritunggal Mahakudusnya dengan pelatih Broncos yang mengamankan John Cartwright dan Terry Matterson sebagai asistennya dalam upaya untuk memecahkan kekeringan 15 tahun premiership Brisbane musim depan.[7]

Untungnya selama masa transisi ini, mantan pelatih pengembangan Tigers, dan Pelatih Kepala sebelumnya Souths Logan Magpies, Jon Buchanan datang ke klub dan diumumkan sebagai Pelatih Kepala pada 13 Oktober tepat sebelum pengumuman Terry sebelumnya.

Klub sekarang pindah ke Pramusim 2021 dan telah mengumumkan tanggal Uji Coba untuk Piala Mal Meninga (U18) dan karena pembatalan COVID-19, Hasting Deering Colts akan menjadi kompetisi U-21, perbedaan dari U20 biasanya dari sebelumnya tahun.[8]

Afiliasi NRL[sunting | sunting sumber]

Easts Tigers adalah tim terakhir di Queensland Cup yang mengikuti tren berafiliasi dengan tim dari National Rugby League. Setelah menjalin hubungan dengan Cronulla-Sutherland Sharks dan Penrith Panthers, pada akhir musim NRL 2006 klub New South Wales South Sydney Rabbitohs mengumumkan aliansi dengan Easts Tigers sebagai klub pengumpan untuk tim National Rugby League (NRL).

Pada akhir musim 2007 diumumkan bahwa Kelinci dan Macan Timur tidak akan lagi berafiliasi karena berbagai masalah yang saling bertentangan, Macan Timur malah melihat lebih dekat ke rumah dan membuat kesepakatan afiliasi dengan Brisbane Broncos.

Pada akhir musim NRL 2010 klub Victoria Melbourne Storm mengumumkan aliansi dengan Easts Tigers sebagai klub pengumpan untuk sisi NRL mereka. Kemitraan dengan Easts Tigers memungkinkan Melbourne Storm untuk memanfaatkan sistem perekrutan dan pengembangan Easts Tigers di Queensland, serta menyediakan klub untuk pemuda Queensland yang direkrut oleh Melbourne Storm untuk bermain dan berkembang tanpa harus pindah ke Melbourne.[9][10] Afiliasi dengan Melbourne telah diperpanjang beberapa kali, dengan yang terakhir perpanjangan hingga akhir musim 2024.[11][12]

Tawaran NRL[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2020, Macan memasuki perlombaan penawaran untuk memenangkan lisensi potensial untuk bergabung dengan NRL.[13] Pada awal Juni, klub mengajukan merek dagang untuk nama "Brisbane Firehawks", yang akan menghindari bentrokan penamaan dengan sisi NRL yang ada Barat Tigers.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haddan, Steve; Permainan Kami: Perayaan Liga Rugbi Brisbane 1909-1987, hlm. 125 ISBN 9780995351202
  2. ^ Pollard, Jack (1965). Gregory's Guide to Rugby League. Australia: Grenville Publishing. p144. 
  3. ^ { Heslehurst, Brayden. dengan pranala luar nonaktif%5d%5d[%5b%5bWikipedia:Pranala mati|pranala nonaktif permanen%5d%5d]%5b%5bKategori:Artikel dengan pranala luar nonaktif permanen%5d%5d -hodges-starts-tenure-at-langlands-park/news-story/d6c12fecd7dfd1b34f9a103773149db1 "Pelatih New Easts Craig Hodges memulai masa jabatan di Langlands Park" Periksa nilai |url= (bantuan). Couriermail.com.au. Nationwide News Pty Ltd. Diakses tanggal 19 Oktober 2020. 
  4. ^ Hillier, Michael. "Empat kompetisi QRL di seluruh negara bagian dibatalkan untuk tahun 2020". QRL.com.au. Liga Rugbi Nasional. Diakses tanggal 19 Oktober 2020. 
  5. ^ "Eastern Pinggiran kota untuk bermain sebagai Brisbane Tigers mulai 2021". thetigers.com.au. 4 September 2020. 
  6. ^ "Kevin Walters Pelatih Broncos Brisbane yang ditunjuk". broncos.com.au. National Rugby League. Diakses tanggal 19 October 2020. 
  7. ^ Badel, Peter; Meyn, Travis. tants/news-story/7bd9778b70447b8563caabae97b8db31 "Brisbane Broncos menandatangani John Cartwright , Terry Matterson sebagai asisten Kevin Walters" Periksa nilai |url= (bantuan). Surat Kurir. News Corp. Diakses tanggal 19 Oktober 2020. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ on/ "2021 Uji Coba U18 dan U21 Sedang Dilaksanakan" Periksa nilai |url= (bantuan). TheTigers.com.au. ESDRFLC Inc. Diakses tanggal 19 Oktober 2020. 
  9. ^ terobosan besar liga/ Young Tigers | Berita CQ
  10. ^ "Arsip salinan". Diarsipkan dari -trial-match---team-selection versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 16 Maret 2011. Diakses tanggal 2012-01-31. 
  11. ^ Pryde, Scott. make-decision-on-queensland-cup-partnership-112159/ "Storm membuat keputusan tentang kemitraan Piala Queensland" Periksa nilai |url= (bantuan). Zero Tackle. Diakses tanggal 23 November 2021. [pranala nonaktif permanen]
  12. ^ Tabet, Melissa. "Storm and Tigers menandatangani perpanjangan kemitraan". thetigers.com.au. Diakses tanggal 23 November er 2021. 
  13. ^ https://www.zerotackle.com/new-club-makes-bid-for-nrls-new-expansion-team[pranala nonaktif permanen] -53024/ Klub baru mengajukan tawaran untuk tim ekspansi baru NRL
  14. ^ https://www.foxsports.com.au/nrl/nrl-premiership/a-little-nhl-but-also-very-rugby-league-will-this-be-the-name-of-brisbanes-second-nrl-team/news-story/8754ebab882a140f3913bfcdc3f78935 Ekspansi NRL Tim Brisbane ke-2: Kemungkinan nama diajukan untuk tim NRL ke-17

Referensi online[sunting | sunting sumber]

  1. Eastern Suburbs Tigers History diambil 7 Desember 2005
  2. Statistik Harimau Pinggiran Timur diambil 7 Desember 2005

Pranala luar[sunting | sunting sumber]