Brigitte Herremans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brigitte Herremans (kelahiran 1979) adalah seorang pakar Timur Tengah dan pegiat hak asasi manusia asal Flandria, Belgia.

Herremans mengambil jurusan "Bahasa dan Budaya Timur" (bahasa Arab dan Ibrani Alkitab) di Universitas Gent dan politik internasional di Université Libre de Bruxelles. Ia juga pernah menjalani studinya di Yerusalem dan Kairo.

Setelah lulus, ia bekerja di organisasi Broederlijk Delen dan kemudian di Pax Christi Vlaanderen. Pada tahun 2017, ia bekerja di BOZAR, dan pada tahun 2019 ia memulai studi doktoratnya di Gent.

Pada tahun 2019, ia bersama dengan "Doctors without Borders" mendapatkan penghargaan "Duta Perdamaian" dari Pax Christi Vlaanderen berkat upayanya untuk "memperjuangkan perdamaian, persaudaraan, dan penghormatan akan hak asasi manusia".[1] Penghargaan ini awalnya hendak dianugerahkan di Barak Dossin, Mechelen, yang merupakan sebuah museum untuk mengenang peristiwa Holocaust. Namun, hal ini menuai kecaman dari kelompok-kelompok pro-Israel akibat kritik yang sebelumnya pernah dilayangkan Brigitte terhadap Israel terkait dengan Palestina.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brigitte Herremans: 'Het laatste wat Kazerne Dossin nodig heeft, is een discussie over wie het best de Holocaust eert'". De Standaard (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2019-12-18. 
  2. ^ Liphshiz, Cnaan. "Belgian Holocaust museum cancels event honoring anti-Israel activist". www.timesofisrael.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-18.