Brightkite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brightkite merupakan situs jejaring sosial yang berbasis lokasi. Brightkite akan mencari orang-orang yang di lokasi yang sama ketika pengguna check-in. Situs ini dibuat pada tahun 2007 oleh Brady Becker dan Martin May. Brightkite memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan teman lama juga bertemu orang baru dari berbagai tempat yang mereka kunjungi. Saat pengguna melakukan check-in di suatu tempat, mereka dapat posting catatan atau foto dari lokasi tersebut. Pengguna lain dapat mengomentari dan memberi tanggapan pada postingan yang telah terekpos. Pada Group Text, pengguna Brighkite dapat melakukan percakapan dengan pengguna lainnya. Brightkite memberikan layanan pada penggunanya untuk dapat mengontrol privasi serta menyaring teman pada akun mereka.

Tim Brighkite[sunting | sunting sumber]

Tim Brighkite terdiri dari pendiri serta partner yaitu Brady Becker, Jonathon Linner, JP Virolainen, Martin Mei, juga Rob Lawson.

Info Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Brighkite berada di bawah naungan sebuah perusahaan swasta yang berada di Burlingame, California, juga Denver, Colorado, serta Helsinki, di negara Finlandia. Brighkite didanai oleh Azure Modal, Draper Fisher Jurveston, NEA, dan Nexit Ventures.

Brightkite Diakusisi Limbo[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2009 Brightkite diakuisisi oleh jaringan sosial Limbo. Limbo adalah layanan jaringan sosial bergerak memiliki konsep yang kurang lebih serupa dengan Brighkite. Limbo dan Brighkite bersama mengadopsi situs jejaring sosial yang berbasis lokasi sehingga penggunanya bisa berinteraksi dengan pengguna lain di lokasi yang sama maupun berdekatan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pengguna dapat mengoperasikan Brighkite tiap berada pada suatu lokasi. Pengguna yang bersangkutan hanya perlu log-in, setelah itu pengguna akan disuguhkan berbagai macam menu yang dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pengaplikasiannya. Berikut adalah rincian menu yang terdapat di Brighkite.

Menu[sunting | sunting sumber]

Home[sunting | sunting sumber]

Tempat yang menampilkan seluruh kegiatan dan lokasi terakhir pengguna. Tidak hanya teman, namun seluruh pemilik akun Brighkite yang sedang berada di dekat pengguna. Home merupakan halaman awal yang tampil ketika pengguna log-in.

Post[sunting | sunting sumber]

Seperti fitur pada Twitter, pengguna yang bersangkutan dapat memberitahu pengguna lain apa yang sedang dilakukan di lokasi tersebut dalam 140 karakter. Pada halaman ini, pengguna yang bersangkutan juga dapat mengunggah foto dalam posting. Fitur Brightkite sangat baru bagi penggunanya, bahkan umurnya lebih muda dari Twitter yang masih belia.

Check In[sunting | sunting sumber]

Tempat pengguna memberitahukan lokasinya. Pengguna yang bersangkutan juga dapat mencari lokasinya pada mesin pencari yang berada dalam halaman ini.

Profil[sunting | sunting sumber]

Halaman yang menampilkan foto, lokasi, info, dan posting pengguna. Halaman profil ini berguna bagi pengguna lain untuk mengidentifikasi pemilik akun tersebut.

Friends[sunting | sunting sumber]

Menampilkan profil pengguna lain yang telah berada pada daftar teman. Pada profil orang tersebut dilengkapi dengan nomor telepon dan alamat surel.

Fans[sunting | sunting sumber]

Fans adalah pengguna lain yang ingin mendengar kabar dari pengguna yang bersangkutan. Mereka tidak berada pada daftar teman, dan pengguna yang bersangkutan tidak perlu menambahkan fans ini pada daftar teman. Fans dapat melihat posting pengguna, sebaliknya pengguna yang bersangkutan tidak dapat melihat posting dari mereka. Halaman ini menampilkan profil dari fans yang telah mengikuti perkembangan pengguna akun, termasuk nomor telepon dan alamat surel.

Comments[sunting | sunting sumber]

Halaman yang menunjukkan komentar pengguna lain terhadap posting pengguna yang bersangkutan.

Mentions[sunting | sunting sumber]

Pada halaman ini terlihat posting dan komentar pengguna lain yang menyebut nama identitas pengguna yang bersangkutan.

Favorites[sunting | sunting sumber]

Berfungsi untuk memberitahu pengguna lain tempat kegemaran pengguna.

Group Text[sunting | sunting sumber]

Fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan dengan lebih dari satu orang teman (multi-friend). Infrastruktur terbaru pada fitur ini adalah yang memungkinkan untuk membalas pesan pada semua teman, seperti reply-to-all pada surel. Pengguna yang menjadi teman anda dapat menerima pesan melalui teks, push-notification, situs bergerak, juga langsung pada situs Brighkite sendiri. Pengguna dapat meninggalkan dan membuat kelompok, sampai dengan 25 orang.

Bercakap dengan Siapapun[sunting | sunting sumber]

Pada fitur ini pengguna dapat mengundang orang dari buku telepon, daftar teman pada Brighkite, maupun hanya dengan mengetik nomor telepon yang dituju. Orang lain tersebut tidak perlu memiliki akun dalam Brightkite untuk melakukan percakapan dengan pengguna akun Brighkite.

Kirim Foto dan Lokasi[sunting | sunting sumber]

Dalam fitur ini, pengguna juga dapat mengirim foto serta lokasi pada grup.

Brightkite pada iPhone[sunting | sunting sumber]

Brightkite menggunakan fitur geolocation pada iPhone yang secara otomatis akan menempatkan lokasi pengguna yang bersangkutan. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk check-in, posting catatan atau foto, mengirim pesan, mencari teman mereka yang berada satu lokasi, serta mengakses pengaturan akun mereka.

Brightkite pada Android[sunting | sunting sumber]

Aplikasi Brightkite pada Android mempergunakan sistem Global Positioning System (GPS) untuk menempatkan pengguna secara otomatis. Brightkite pada Android memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi di iPhone, kelebihannya adalah mapping dan background

Brightkite pada Blackberry[sunting | sunting sumber]

MyKite adalah aplikasi untuk Brightkite Blackberry. Pengguna dapat menelusuri profil orang di sekitarnya, melihat kabar teman, posting foto juga catatan, semua terbilang lengkap dengan tetap mempertahankan kendali atas privasi pengguna yang bersangkutan. MyKite sebelumnya dikenal sebagai BrightBerry.

Brightkite Wall[sunting | sunting sumber]

Brightkite Wall adalah alat visualisasi yang menunjukkan real-time update dari suatu tempat, pengguna, juga kata kunci.

Penanyangan ke Twitter dan Facebook[sunting | sunting sumber]

Brightkite juga telah berjaringan dengan Twitter dan Facebook, sehingga pengguna dapat posting status melalui kedua situs tersebut ataupun sebaliknya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]