Brent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Brent dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

Nama orang[sunting | sunting sumber]

Arti nama Brenton dan Brentano tidak diketahui secara pasti. Versi Inggris, Brenton kemungkinan berasal dari nama Irlandia, Brendon. Versi Inggrisnya adalah Brandon, yang berarti “terbakar atau bukit atau gunung” (berapikah?). Brentano berasal dari Italia yang berarti orang-orang di atas sungai Brenta di Italia Utara. Imigran dari sana telah membawa nama asli Brentano ke Jerman pada abad ke-17. Bagaimanapun juga orang-orang Roma telah memperkenalkan nama-nama Itali ke Inggris. Tetapi juga, para Brentano yang tinggal di Itali menjadi terkenal, misalnya, Count Carlo Brentano dari Corbetta (dekat Milan) pada abad ke-18 atau arsitek Giuseppe Brentano dari Milan pada abad ke-19.

Versi Brent, terkenal di Amerika Utara (contohnya: Brent Tarleton dalam Gone with the Wind), sejak itu sepertinya menjadi bentuk pendek dari versi Inggris “Brenton”, bagaimanapun juga, ini berasal dari para Brentano yang bermigrasi ke sana. Cara ketiga dari pengusutan asal muasal nama ini kemungkinan: dari nama Jerman-kuno yakni Brant (yang berarti “pedang” contohnya digunakan sebagai nama tambahan pada Hildebrandt). Meski begitu, di Inggris setelah penaklukan Norman pada 1066 pengaruh Bahasa Jerman mendominasi, setidaknya cara pengucapan – khususnya saat Raja Denmark Kanut menaklukan Anglia setelah kemenangannya dekat near Brentford pada 1016.

Selain sungai dan pegunungan yang dinamakan Brenta di Italia Utara, di sebelah barat London juga mengalir sungai yang dinamakan Brent, Brentford and Brentwood berlokasi di sana. Lebih jauh, para Brentwood juga beberapa kali ada, misalnya di Amerika Utara, beberapa tempat diberi nama Brandon. Begitu juga Madang minyak Inggris di Laut Utara (antara Shetlands dan Norwegia) memiliki nama Brent. Merek minyak ini diperdagangkan sebagai perkenalan minyak Laut Utara pada pasar dunia.

Selain keluarga penulis terkenal Brentano atau Virginia Brents nama ini juga dijadikan nama depan, Brent dikenal juga dengan:

  • Brent Sadler, Jurnalis Amerika Serikat dan reporter CNN, mantan sejawat koresponden-perang Peter Arnett
  • Brent Scowcroft, penasihat keamanan Presiden AS Reagan dan Bush Senior pada 1989-1993
  • Brent Spiner, aktor Amerika Serikat (contohnnya: "Data" di Star Trek atau "Dr. Okun" di Independence Day)
  • Brent N. Kennedy, profesor Etnologi Amerika Serikat (thesis: Bangsa Turk menemukan America sebelum Colombus)
  • Brent McCall, musisi Amerika Serikat
  • Brent Jett, astronot Amerika Serikat
  • Brent Musburger, jurnalis Amerika Serikat dan komentator olahraga untuk ABC.

Meski umumnya Scowcroft adalah Momormic dan contoh-contoh lainnya menjadi penyiar gereja (kecuali Kennedy), sekalipun demikian banyak orang yang bernama Brent, Brenton dan atau Brentano – berdasarkan tradisi Irlandia dan Italia – adalah penganut Katolik. Meski bagaimanapun juga, Charles Brent dahulu adalah uskup Inggris di Amerika Serikat, Brentwood (Essex) di Inggris adalah tempat para uskup Katolik–Roma.


Nama tempat[sunting | sunting sumber]