Bozner Bergsteigerlied

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bozner Bergsteigerlied (Indonesia: lagu pendaki Bozen) adalah salah satu dari dua lagu kebangsaan tidak resmi Tirol Selatan; lagu lainnya adalah Andreas-Hofer-Lied. Lirik lagu Bozner Bergsteigerlied disusun pada tahun 1926 oleh Karl Felderer di Moos am Ritten. Melodinya berasal dari lagu pengrajin kuno Tirol.

Pada saat lagu ini digubah, kampanye Italianisasi Tirol Selatan yang dilancarkan oleh kaum fasis Italia tengah mencapai puncaknya, dan mereka melarang segala nama yang berkaitan dengan "Südtirol" dan "Deutsch-Südtirol". Maka dari itu, lirik lagu ini tidak pernah menyebutkan nama Tirol Selatan secara langsung, dan sebagai gantinya hanya menyebut istilah-istilah geografis yang terkait dengannya.

Pada bait pertama, Tirol Selatan dari utara ke selatan digambarkan dengan menyebut sumber Sungai Eisack di utara dan Salurner Klause di selatan (yang sering dianggap sebagai batas antara wilayah berbahasa Jerman dan Italia). Sementara itu, Tirol Selatan dari barat ke timur digambarkan dengan menyebutkan pegunungan Ortler dan Dolomiti Sexten. Bait-bait berikutnya mengelu-elukan kenampakan-kenampakan alam lainnya di Tirol Selatan, seperti Schlern dan Pegunungan Rosengarten.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Kommt zum Singen – Südtiroler Liederbuch, Bozen, Athesia, 1986. ISBN 88-7014-343-0