Bournemouth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bournemouth

Bournemouth merupakan sebuah kota resor pesisir besar di pantai selatan Inggris yang langsung berada di timur Jurassic Coast, sebuah Situs Warisan Dunia sepanjang 155 km. Menurut sensus pada tahun 2011, kota ini memiliki populasi 183.491 penduduk, membuatnya menjadi pemukiman terbesar di Dorset. Bersama dengan Poole di barat dan Christchurch di timur, Bournemouth membentuk konurbasi Dorset Tenggara, dengan total populasi lebih dari 465.000.

Sebelum ditemukan pada 1810 oleh Lewis Tregonwell, daerah ini merupakan area habitat belukar terbuka tak berpenghuni yang kadang-kadang dikunjungi oleh nelayan dan penyelundup. Awalnya dipasarkan sebagai resor kesehatan, kota ini menjadi populer ketika muncul di buku Dr Granville, The Spas of England. Pertumbuhan Bournemouth diperecepat dengan kedatangan kereta api dan menjadi kota yang diakui pada 1870. Secara historis Bournemouth adalah bagian dari Hampshire dan bergabung dengan Dorset pada reorganisasi pemerintah daerah pada 1974. Sejak 1997, kota ini dijalankan oleh otoritas kesatuan yang otonom dari Dorset County Council, meskipun tetap menjadi bagian dari county seremonial. Dewan lokal adalah Bournemouth Borough Council.

Pusat kota Bournemouth memiliki gaya arsitektur Victoria dan menara Gereja St. Peter setinggi 62 m adalah landmark lokal. Lokasi Bournemouth membuatnya menjadi tujuan populer bagi wisatawan, menarik lebih dari lima juta pengunjung setiap tahunnya dengan pantai dan kehidupan malam. Kota ini juga merupakan daerah pusat bisnis, rumah dari Bournemouth International Centre atau BIC, dan pendapatan sektor keuangan lebih dari £1.000 juta dalam Nilai Tambah Bruto.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]