Botana ungu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Botana ungu
Zebrasoma xanthurum
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN178009
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliAcanthuridae
GenusZebrasoma
SpesiesZebrasoma xanthurum
(Blyth, 1852)
Tata nama
ProtonimAcanthurus xanthurus

Zebrasoma xanthurum, botana ungu atau botana ekor kuning, adalah spesies ikan bedah karang dalam famili Acanthuridae . Ini pertama kali dijelaskan oleh ahli zoologi Edward Blyth pada tahun 1852.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Botana ungu tumbuh hingga panjang maksimum mendekati 25 cm (9,8 in) . Tubuh mereka berwarna ungu dengan ekor kuning. Kepala tangs ungu ditutupi dengan bintik-bintik hitam, dan garis-garis horizontal hitam mengalir di sisi tubuh beberapa spesimen. Bagian tengah tubuh mereka terkadang berwarna ungu lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Pada sebagian besar spesimen, ujung sirip dada berwarna kuning.

Seperti semua anggota genus Zebrasoma, botana ungu memiliki sirip punggung dan dubur yang besar serta moncong panjang yang digunakan untuk mencari alga di dalam bebatuan. Saat sirip punggung dan dubur memanjang sepenuhnya, ikan terlihat seperti cakram.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Botana ungu biasanya menghuni ekosistem terumbu karang, di mana mereka ditemukan memakan alga berfilamen di terumbu. Mereka telah ditemukan di kedalaman mulai dari 2 hingga 20 m (6,6 hingga 65,6 ft) . Ikan dewasa biasanya ditemukan berenang secara berkawanan, sedangkan remaja tetap menyendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Myers, R.; Abesamis, R.; Clements, K.D.; Choat, J.H.; McIlwain, J.; Nanola, C.; Rocha, L.A.; Russell, B.; Stockwell, B. (2012). "Zebrasoma xanthurum". 2012: e.T178009A1519810. doi:10.2305/IUCN.UK.2012.RLTS.T178009A1519810.en.