Botana lurik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Botana lurik
Ctenochaetus striatus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN178012
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliAcanthuridae
GenusCtenochaetus
SpesiesCtenochaetus striatus
(Quoy dan Gaimard, 1825)
Tata nama
ProtonimAcanthurus striatus

Botana lurik , Ctenochaetus striatus, adalah spesies ikan laut dalam famili Acanthuridae .[2]

Botana lurik dapat mencapai ukuran maksimum 24 cm, tetapi ukuran umumnya diamati sekitar 18 cm.[3]

Botana lurik adalah salah satu dari sedikit ikan herbivora yang terkadang beracun. Keracunan Ciguatera disebabkan oleh akumulasi racun yang dihasilkan oleh dinoflagellata mikroskopis tertentu yang tertelan saat memakan alga . Jika ikan yang terkontaminasi dimakan oleh manusia, racun pekat yang terkandung di dalam jaringannya menyebabkan kerusakan saraf yang bisa berakibat fatal.

Jika dibandingkan dengan larva ikan karang lainnya, botana lurik secara unik menunjukkan daya tarik non-selektif ke daerah yang bising, di mana yang lain menolak atau secara selektif tertarik pada suara tertentu.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Choat, J.H., Clements, K.D., McIlwain, J., Abesamis, R., Myers, R., Nanola, C., Rocha, L.A., Russell, B. & Stockwell, B. 2012. Ctenochaetus striatus. In: IUCN 2013. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.1
  2. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Ctenochaetus striatus (Quoy & Gaimard, 1825)". Marinespecies.org. Diakses tanggal 2016-05-20. 
  3. ^ "Ctenochaetus striatus, Striated surgeonfish : fisheries, aquarium". Fishbase. 2012-07-03. Diakses tanggal 2016-05-20. 
  4. ^ "The influence of various reef sounds on coral-fish larvae behaviour (Parmentier, E., Berten, L., Rigo, P., Aubrun, F., Nedelec, S.L., Simpson, S.D. and Lecchini, D., 2015)". onlinelibrary.wiley.com. Diakses tanggal 2022-10-23.