Lompat ke isi

BossDarling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

BossDarling adalah sosok misterius yang terkenal di kalangan pendukung teori konspirasi bumi datar di Indonesia,ia juga bagian dari Organisasi Bumi Datar. Namanya menjadi terkenal melalui forum daring, yang mengusung konsep bumi datar. [1] Nama "BossDarling" berasal dari gabungan kata "Boss" yang berarti atasan, dan "Darling" yang berarti kesayangan, mencerminkan posisinya sebagai seorang pemimpin yang disayangi di komunitasnya. Identitas aslinya tidak banyak diketahui publik, namun Ibrahim Lathini Kadir, Co-Founder FE101 Community, menyebutkan bahwa BossDarling adalah seseorang yang memiliki usaha, hobi, dan suka bergurau, serta memiliki analisa yang tajam dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik, intelijen, sains, media massa, hingga hiburan. [2] [3] [4]

Tentang[sunting | sunting sumber]

BossDarling bukan hanya nama besar di komunitas bumi datar Indonesia, tetapi juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan di tingkat internasional. Video-videonya yang diunggah di YouTube telah berhasil menarik perhatian lebih dari 101 ribu pelanggan sejak 2016, dengan 13 episode yang telah diunggah. Video-video ini fenomenal dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, termasuk Ibrahim Lathini, untuk mengeksplorasi realitas dari teori bumi datar. Analisa BossDarling bahkan disebut-sebut setara dengan tokoh-tokoh sentral bumi datar internasional seperti Steve Torrence, Eric Dubay, dan Dr. Zack. [5]

Studi Kritis[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, BossDarling memainkan peran kunci dalam menyebarkan teori bumi datar melalui FE101 Community, sebuah komunitas pendukung bumi datar yang memiliki sekitar 2.000 anggota. Pendirinya termasuk Ibrahim Lathini, Pradana, Pupung Sadili, Yusuf Farrizar, dan Anggoro Aji. Komunitas ini berusaha mengedukasi dan mendukung anggotanya melalui berbagai kegiatan dan diskusi, baik daring maupun luring. [6]

Keberadaan BossDarling dan pengaruhnya dalam komunitas bumi datar juga telah menjadi subjek studi kritis. Salah satu contohnya adalah buku "Benarkah Bumi Itu Datar?: Studi Kritis Konspirasi Bumi Datar Eric Dubay & Boss Darling" yang ditulis oleh Rahmat Abdullah dan diedit oleh Achmad Zirzis. Buku ini diterbitkan oleh Pustaka AL-Kautsar pada Januari 2018 dan membahas teori konspirasi bumi datar dari berbagai sudut pandang, termasuk aqidah, tafsir sains, sejarah, hingga cara menghadapi elit global. Buku ini merespon buku "Flat-Earth Conspiracy" karya Eric Dubay dan video konspirasi bumi datar buatan Boss Darling, memberikan penjelasan ilmiah dan historis untuk menentang teori bumi datar.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kepala LAPAN Tanggapi Petisi Kelompok Bumi Datar, Apa Isinya?". liputan6.com. 2024-06-30. Diakses tanggal 2024-06-30. 
  2. ^ Jakarta, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI. "Benarkah bumi itu datar? : Studi kritis konspirasi bumi datar Eric Dubay & Boss Darling". JAKLITERA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-30. 
  3. ^ Tursina, Dewi (2022). "Representasi Bumi datar Dalam Video Flat Earth 101 Episode 10B Di Situs Mbakyutube.com (Analisis Semiotika Roland Barthes)" (dalam bahasa Inggris). IAIN Ponorogo. 
  4. ^ Utama, Lazuardhi (2017-12-11). "Sosok Mistrius BossDarling, 'Pencipta' Bumi Datar Indonesia". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2024-06-30. 
  5. ^ Rosyadi, Muhamad Imron. "Perseteruan Kepala LAPAN vs Komunitas Bumi Datar Kian Memanas". detikinet. Diakses tanggal 2024-06-30. 
  6. ^ Abdullah, Rahmat. Benarkah Bumi Itu Datar?: Studi Kritis Konspirasi Bumi Datar Eric Dubay & Boss Darling. Pustaka Al-Kautsar. 
  7. ^ Abdullah, Rahmat (Januari 2018). Benarkah bumi itu datar? : studi kritis konspirasi bumi datar Eric Dubay & Boss Darling. Jakarta: Pustaka AL-Kautsar. hlm. xxii, 294 halaman. ISBN 978-979-592-794-5.