Bom Kim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bom Kim
Nama asal김범석
Lahir김범석
07 Oktober 1978 (umur 45)[1]
Seoul, Korea Selatan
Kebangsaan
  • Korea Selatan
  • Amerika Serikat
AlmamaterUniversitas Harvard
Kekayaan bersihKenaikan US$6.79 miliar (Hingga 8 Juni 2021)[2]
Gelar
  • Pendiri dan CEO Coupang
Nama Korea
Hangul
김범석
Alih AksaraKim Beom-seok

Kim Beom-seok (Hangul김범석; lahir 7 Oktober 1978), dikenal di dunia Barat sebagai Bom Kim, adalah seorang pengusaha dan wirausahawan internet Korea-Amerika. Ia dikenal karena mendirikan perusahaan perdagangan elektronik terbesar di Korea Coupang, dan menjabat sebagai kepala jabatan eksekutif, dan pemegang saham.[3][4]

Kisah[sunting | sunting sumber]

Banyak orang sukses yang tidak berpendidikan tinggi. Kim Bom Korea adalah salah satunya. Memutuskan untuk putus kuliah, Kim mendirikan Coupang, sebuah startup yang kini telah menjadi raksasa e-commerce di negeri ginseng.

Kim memanfaatkan peluang kemajuan teknologi saat itu dan memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan startup ini pada tahun 2010. Enam bulan lalu, saya belajar di Universitas Harvard.

Tak disangka, kesempatan ini membuahkan hasil yang mengejutkan sepanjang karirnya. Sejak saat itu, bisnis yang didirikannya terus berkembang pesat dan kini bernilai US$9 miliar atau sekitar Rp127 triliun. Karena itulah, Coupang sering disebut Amazon versi Korea.

Di sisi lain, banyak yang percaya bahwa Kim akan melakukan lebih baik jika dia memiliki gelar MBA dari Harvard. Namun pada kenyataannya, Kim berpikir berbeda. Ia merasa ingin segera menciptakan sesuatu yang bisa berdampak besar bagi banyak orang.

Keputusan untuk keluar dari kursus bergengsi ini sangat berani. Untungnya, pengorbanan ini telah menjadikannya gagasan dari perusahaan rintisan paling berharga di Korea.

Coupang menonjol di antara pengecer online seperti 11st dan Gmarket pada tahun 2018. Keberhasilan ini telah menarik perhatian banyak investor, itulah sebabnya startup telah menerima pendanaan $3,6 miliar dari SoftBank, Sequoia Capital, dan BlackRock.

Namun, setelah banyak perubahan, Coupang akhirnya mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Coupang awalnya merupakan usaha kecil. Mr Kim memberikan sayap untuk e-commerce. Manfaat yang ditawarkan oleh

Coupang menarik dan berfokus pada kepuasan pelanggan dan meningkatkan sistem pengiriman kami. Dalam 24 jam terakhir, lebih dari 5.000 pengemudi Coupangman telah mengirimkan pesanan mereka.

Coupang mencapai $1 miliar dalam penjualan tiga tahun setelah diluncurkan dan menempati peringkat pertama dalam penawaran umum di bursa saham. Meskipun banyak perubahan dan pasang surut bisnis, Coupang telah menjadi salah satu dari lima toko online teratas dunia.[5]

Kini, Coupang membuka layanan perjalanan tidak hanya di sektor merchandise, tetapi juga di layanan streaming film. Sementara itu, Forbes menunjukkan bahwa kekayaan Kim saat ini adalah $5,3 miliar (sekitar 75,2 triliun won).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "김범석". www.businesspost.co.kr. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  2. ^ "Bloomberg Billionaires Index: Bom Kim". Bloomberg L.P. Diakses tanggal June 8, 2021. 
  3. ^ Palmer, Annie (2020-06-16). "Coupang, a SoftBank-backed start-up, is crushing Amazon to become South Korea's biggest online retailer". CNBC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-05. 
  4. ^ Chung, Gracs (2018-11-20). "Coupang, Korea's Answer to Amazon, Raises $2 Billion, Mints New Billionaire". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-08. 
  5. ^ "Kisah Pendiri E-Commerce Raksasa Korea Selatan, Bom Kim yang Berhenti Kuliah". kumparan. Diakses tanggal 2022-01-11.