Bolghar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bolghar.

Bolghar (Tatar Sirilik: Болгар, Latin: Bulgar, Bolgar, Bolğar, bahasa Chuvash: Пăлхар) adalah salah satu ibukota Bulgaria Volga dari abad ke-8 hingga ke-15 selain kota Bilyar dan Nur-Suvar. Kota ini terletak di tepi Sungai Volga, sekitar 30 km ke arah hilir dari pertemuan sungai tersebut dengan Sungai Kama dan sekitar 130 km dari kota Kazan modern. Di sebelah barat kota ini terdapat kota modern kecil yang dikenal dengan nama "Bolgar".

Walaupun kota ini pernah menjadi ibukota Bulgaria Volga, serangan Rusia di sepanjang sungai Volga memaksa raja-raja Bulgar Volga untuk memindahkan ibukota mereka ke Bilyar. Setelah Bilyar dihancurkan oleh bangsa Mongol, ibukota lama mereka menjadi pusat provinsi yang terpisah di wilayah Gerombolan Emas. Pada masa dominasi Mongol kota Bolgar menjadi sangat kaya.

Perang Tokhtamysh–Timur mengakibatkan kemunduran Bolghar. Kota ini dihancurkan oleh Bulaq-Temir pada tahun 1361. Kota ini juga pernah dijarah oleh bajak laut Rusia (ushkuiniki) dan dihancurkan oleh Vasily yang Buta dari Muskovia pada tahun 1431. Sebagai pusat keagamaan Islam, Bolgar tetap bertahan hingga pertengahan abad ke-16, tetapi Kekhanan Kazan kemudian ditaklukan oleh Tsar Ivan IV dan menjadi wilayah Rusia.

Komite Warisan Dunia UNESCO menyatakan benteng bukit Bolghar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]