Bola ubi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bola Ubi Kopong merupakan jajanan yang berasal dari Bandung yang telah menyebar dan menjadi populer di seluruh Indonesia. Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi kukus, gula dan tepung tapioka yang diaduk, dibentuk menjadi bola dan digoreng. Tekstur bola-bola ubi ini garing di luar, tapi lembut, kenyal dan manis di dalam.

Menurut KBBI, kata ‘Kopong’ memiliki arti tidak berisi atau kosong. Maka dari itu, Bola Ubi Kopong biasanya tidak memiliki isi apapun. Namun, karena berkembangnya zaman dan ilmu kuliner, bola-bola ubi banyak yang disajikan dengan aneka isian seperti gula merah, cokelat dan keju.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Bola ubi merupakan jajanan populer era ini. Jajanan ini awalnya berasal dari Bandung, kemudian, karena kelezatannya jajanan ini menyebar ke seluruh Indonesia. Maka dari itu, muncullah berbagai varian bolubi yang beragam, diantaranya ada: bolubi ungu, bolubi madu, bolubi goreng, bolubi coklat, bolubi gula merah, bolubi keju dan sebagainya. Walaupun banyak variasinya, langkah-langkah dasar untuk membuat bolubi hampir sama dengan langkah yang tertera diatas hanya saja bahan yang digunakan lebih banyak macamnya.

Jenis olahan yang ditawarkan beraneka dengan rasa yang pas dengan selera orang kebanyakan. Harganya kan murah, terus rasanya juga enak. Dibandingkan dengan makanan kekinian lainnya, bola ubi ini yang paling banyak disukai semua usia. Makanan hits ini memiliki beberapa kelebihan yang layak dipertimbangkan, yakni mengandung senyawa antosianin dan betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]