Boiotarkhes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Boiotarkhes (bahasa Yunani: Βοιωτάρχης, Boiotarches) merupakan sebuah gelar pejabat utama Konfederasi Boiotia, yang didirikan pada tahun 379 SM setelah pemberontakan membebaskan kota-kota Boiotia dari dominasi Sparta. Ada tujuh Boiotarkh, dipilih secara demokratis dari tujuh daerah pemilihan di seluruh Boiotia. Sebagai kota terbesar di kawasan ini, Thiva umumnya memilih empat Boiotarkh, sementara tiga lainnya mewakili kabupaten terpencil.[1] Namun jumlah raja Boiotarkh, mungkin tetap konstan pada tujuh. Mereka mungkin bahkan tidak mewakili distrik dengan cara yang sama seperti Liga Boiotia sebelumnya.[2]

Setiap orang Boiotia berhak terpilih. Boiotarkh diasumsikan menjabat pada hari pertama tahun Boiotia (1 Boukataios), dan menyerahkan jabatannya setiap akhir tahun. Kegagalan untuk menyerahkan kekuasaan adalah pelanggaran berat. Fungsi Boiotarkh kira-kira setara dengan strategos Athena, yang bertindak baik sebagai pemimpin politik maupun jenderal dalam pertempuran. Dan memang, banyak kantor politik, militer, dan peradilan lainnya di Liga Boiotia disalin dari model Athena. Kaum Boiotia juga memiliki arkhon, tapi tidak seperti arkhon Athena, tugasnya hanya simbolis. Tanggung jawab arkhon Boiotia adalah meminjam namanya untuk nama tahun ini, sebuah praktik yang dipinjam dari orang Athena.

Tokoh yang paling terkenal yang memegang jabatan tersebut adalah Epaminondas dan Pelopidas, yang membawa Thiva ke status hegemonik atas Yunani pada pertengahan abad ke-4 SM ("Hegemoni Thiva").

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Van Antwerp Fine (1983). The Ancient Greeks: A Critical History. Harvard University Press. ISBN 9780674033146. 
  2. ^ Robert J. Buck (1994). Boiotia and the Boiotian League, 432-371 B.C. University of Alberta. hlm. 99. ISBN 9780888642530.