Bo'orchu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bo'orchu (bahasa Mongolia: Боорчи, Boorchi) adalah salah satu teman, jenderalm dan sekutu Jenghis Khan yang pertama dan paling setia.[1] Bo'orchu bertemu Jenghis Khan saat masih belia. Saat itu, Temujin (nama muda Jenghis Khan) sedang mencari kuda miliknya yang dicuri. Bo'orchu membantu Temujin merebut kembali kuda-kuda itu,[1][2] dan mengantar Temujin ke ayahnya, Nakhu Bayan, yang marah karena khawatir Temujin menemui ajalnya. Beberapa saat kemudian, Temujin mengirim Hasar untuk menjemput Bo'orchu dan membawanya ke perkemahan Temujin. Bo'orchu menolak imbalan apa pun atas bantuannya terhadap Temujin untuk merebut kuda-kuda Temujin yang dicuri, tetapi mengakui otoritasnya dan mengabdi di sisinya sebagai nökör ("pendamping bebas"), dan meninggalkan keluarganya sendiri.[2]

Setelah istri Temujin, Börte, diculik oleh suku Merkit dan terpaksa melarikan diri, Temujin mengirim Bo'orchu untuk memata-matai suku Merkit bersama dua kawan Temujin yang lain, Belgutei dan Jelme.[3] Setelah Temujin bergelar Jenghis Khan dan Khagan, Bo'orchu diangkat menjadi jenderal bagi para Khan bersama dengan Jelme.

Ketika Jenghis Khan berada di Dalannemurges untuk berperang melawan suku Tatar, hujan turun dan memaksa pasukan untuk berhenti. Bo'orchu kemudian berdiri memayungi Khan dengan kain sepanjang malam.[4][5] Jenghis Khan kemudian memberikan imbalan kepada Bo'orchu atas perbuatannya ini, dan memuji Bo'orchu atas kekuatannya. Untuk mengatasi pegal, Bo'orchu hanya memindahkan berat badannya dari satu kaki ke kaki lainnya karena pegal satu kali sepanjang malam.[4] Bo'orchu kemudian mengalami cedera terkena panah saat dia mengendarai kudanya pada pertempuran melawan Jamukha di Gurun Pasir Khalakhaljid. Terluka dan jatuh, Bo'orchu mencuri kuda musuh dan kembali keesokan harinya, membantu memata-matai posisi musuh. Bo'orchu juga adalah salah satu teman Ögedei yang paling dipercaya.

Bo'orchu menerima penghormatan di masa modern dengan patung yang berdiri di depan Istana Pemerintah di Lapangan Sükhbaatar, Ulan Bator. Patung Bo'orchu dan patung Muqali (keduanya sebagai pengabdi, kawan dan jenderal dari Jenghis Khan) berdiri mengapit patung Jenghis Khan yang lebih besar.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sneath, David; Kaplonski, Christopher, ed. (1 May 2010). The History of Mongolia (3 Vols.) (dalam bahasa Inggris). Folkstone: Brill. ISBN 978-90-04-21635-8. 
  2. ^ a b "Bo'orchu - Mongolian warrior". Britannica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2021. Diakses tanggal 17 May 2021. 
  3. ^ Bawden, Charles R. (2013). Mongolian Traditional Literature An Anthology. Taylor & Francis. ISBN 978-1-136-60261-0. 
  4. ^ a b Onon, Urgunge (2005). The Secret History of the Mongols The Life and Times of Chinggis Khan. Taylor & Francis. hlm. 194. ISBN 978-1-135-79556-6. 
  5. ^ Papers on Far Eastern History Volumes 21-22. Department of Far Eastern History, Australian National University. 1981. hlm. 51. 
  6. ^ Todd, Garry (22 September 2019). "Statue of Bo'orchu: Illustration". worldhistory.org. Diakses tanggal 30 September 2023.