Blue Exorcist (musim 2)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blue Exorcist: Kyoto Saga
Musim 2
Gambar sampul volume pertama versi Blu-ray
Negara asalJepang
Jml. episode12
Rilis
Jaringan asliMBS TV
Tanggal disiarkan7 Januari (2017-01-07) –
24 Maret 2017 (2017-3-24)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 1
Daftar episode

Musim kedua dari seri anime Blue Exorcist yang berjudul Blue Exorcist: Kyoto Saga, dianimasikan oleh A-1 Pictures. Musim ini didasarkan dari seri manga berjudul sama karya Kazue Kato. Koichi Hatsumi menggantikan Tensai Okamura sebagai sutradara. Musim ini ditayangkan sejak tanggal 7 Januari hingga 24 Maret 2017 pada blok pemrograman Animeism milik MBS.[1][2][3]

Lagu tema pembukanya adalah "Itteki no Eikyō" (一滴の影響, terj. har. "Drop's Influence") yang dibawakan oleh Uverworld, sedangkan lagu tema penutupnya bertajuk "Kono Te de" (コノ手デ, terj. har. "With This Hand") yang dinyanyikan oleh Rin Akatsuki.[4]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
seri
Judul [5][6]Tanggal tayang asli
261"Small Beginnings"
Transkripsi: "Kōshi Ranshō" (Jepang: 嚆矢濫觴)
7 Januari 2017 (2017-01-07)

Setelah rahasianya terbongkar, Rin berpartisipasi dalam sebuah misi khusus bersama Shura dan Yukio untuk mengambil "Mata Kiri Impure King", peninggalan akuma yang telah dicuri dari True Cross Academy. Dalam kesempatan tersebut, mereka gagal untuk kembali merebutnya, tetapi mendapati bahwa pelakunya adalah Saburota Todo—salah satu Exorcist yang bertanggung jawab atas lemari besi tempat mata tersebut berada—yang telah dirasuki oleh akuma. Setelah mendengar adanya upaya untuk mencuri peninggalan lain yang merupakan pasangan Mata Kiri, "Mata Kanan Impure King" di Kyoto, Vatikan mengirim kelompok ke sana untuk menyelidiki. Kelompok tersebut terdiri atas para Exorcist di bawah pimpinan Shura, Yukio, dan para Exwire—yang masih diliputi kecanggungan setelah mengetahui kebenaran tentang Rin.


Catatan: Kyoto Saga dimulai setelah episode 17 dari musim pertama, tepat pada titik ketika ceritanya menyimpang dari manga (dengan mengabaikan adegan orisinal anime pada episode 16 dan 17).
272"Strange Bedfellows"
Transkripsi: "Goetsu Doushū" (Jepang: 呉越同舟)
14 Januari 2017 (2017-01-14)
Shura beserta para Exwire tiba di Kyoto. Ryuji, Konekomaru, dan Renzo memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertemu kembali dengan keluarga mereka, sementara Rin dan yang lainnya membantu para Exorcist sekte Myo Dha yang terluka ketika menjaga Mata Kanan Impure King. Di sana, Rin sempat bertemu dengan ayah Ryuji, Tatsuma Suguro. Setelah berbicara dengannya, Rin baru mengetahui bahwa Ryuji membenci Tatsuma, karena meskipun dia merupakan pemimpin sekte Myo Dha, Tatsuma tidak dihormati oleh yang lain—karena dia menurunkan martabat tugasnya sejak sekte Myo Dha (yang melemah setelah kehilangan beberapa anggotanya ketika Blue Night terjadi) bergabung dengan True Cross Order. Sementara itu, Todo yang telah mengganti matanya dengan Mata Kiri Impure King, menghubungi mata-mata di dalam sekte, dan mencari cara lain untuk mencuri Mata Kanan.
283"Suspicion Will Raise Bogies"
Transkripsi: "Gishinanki" (Jepang: 疑心暗鬼)
21 Januari 2017 (2017-01-21)
Sekte Myo Dha mengadakan pertemuan darurat dalam rangka membahas upaya gagal musuh untuk mencuri Mata Kanan Impure King, demi menemukan siapa di antara mereka sosok pengkhianat yang bekerja sama dengan Todo. Dalam kesempatan itu, kecurigaan muncul terhadap dua orang Exorcist sekte Myo Dha, kakak laki-laki Renzou bernama Juzou dan Mamushi Hojo, karena mereka hadir di tempat kejadian dan merupakan murid-murid Todo pada masa lalu. Namun, Tatsuma yang tidak menghadiri pertemuan itu, dianggap sebagai tersangka pula, membuat Ryuji diliputi amarah. Sementara itu, Rin melanjutkan latihan untuk mengendalikan kobaran apinya sambil mencoba berdamai dengan teman-temannya. Teman-temannya takut bagaimana sekte Myo Dha akan merespons begitu mereka mengetahui bahwa Rin adalah putra Satan.
294"Act of Treachery"
Transkripsi: "Haishin Kigi" (Jepang: 背信棄義)
28 Januari 2017 (2017-01-28)
Suguro menyaksikan Juzou menyelinap ke dalam ruang tempat penyimpanan Mata Kanan. Terungkap bahwa sosok pengkhianat di dalam sekte Myo Dha adalah Mamushi, dan Juzou mengikutinya untuk memastikan hal tersebut. Todo muncul dan kabur bersama Mamushi yang berhasil mencuri Mata Kanan. Ryuji mengonfrontasi Tatsuma dan menuntutnya untuk memberitahukan rahasianya. Tatsuma menolak dan Ryuji menyatakan bahwa dirinya tidak mengakui Tatsuma sebagai ayahnya. Rin ikut campur dan meninju Ryuji tepat di pipinya. Kemarahan Rin memicu api birunya muncul, dan membuat orang-orang di sekitarnya terkejut. Shura terpaksa harus melumpuhkan Rin dan membiarkannya dikurung di dalam penjara milik sekte Myo Dha.
305"Mysterious Connections"
Transkripsi: "Aienkien" (Jepang: 合縁奇縁)
4 Februari 2017 (2017-02-04)
Setelah keributan mereda, Tatsuma menitipkan surat untuk Rin kepada Shura. Yukio tiba bersama rekan-rekan Exorcist-nya di markas sekte Myo Dha. Shura mengajak Yukio untuk melihat kondisi Rin di dalam penjara. Setibanya di sana, Shura memberikan surat yang diterimanya kepada Rin. Namun, karena surat tersebut ditulis menggunakan aksara kuno, baik Rin dan Shura tidak dapat membacanya. Akhirnya, Yukio membacakan isi surat tersebut kepada mereka berdua. Shiro Fujimoto, ayah angkat Rin dan Yukio, bertemu dengan Tatsuma ketika dirinya sedang mencari pedang iblis, Kurikara. Surat tersebut mengisahkan tentang pertemuan mereka berdua.
316"A Wolf in Sheep's Clothing"
Transkripsi: "Menrihōshin" (Jepang: 綿裏包針)
11 Februari 2017 (2017-02-11)
Shiro bertemu dengan Tatsuma ketika dirinya sedang mencari pedang iblis, Kurikara. Karena kelelahan dan menderita luka ringan, Shiro pingsan dan dibawa ke markas sekte Myo Dha. Shiro terkejut setelah mendapati banyaknya orang yang terkena penyakit menular dari Mata Kanan Impure King dan tidak adanya upanya dari pihak sekte untuk menyembuhkan mereka selain berdoa. Shiro akhirnya menyembuhkan semua orang, termasuk istri Tatsuma yang sedang hamil. Ayah Tatsuma, sang Pendeta Tertinggi sekte saat itu, menentang keberadaan Shiro dan memintanya untuk dibunuh. Sebelum Shiro pergi, Tatsuma memberikan pedang Kurikara kepadanya. Kembali pada masa sekarang, Todo menjebak Mamushi untuk menyerahkan Mata Kanan Impure King kepadanya demi membangkitkan Impure King. Tatsuma muncul dan melindungi Mamushi, tetapi Todo melahap akuma familiar milik Tatsuma, Karura.
327"Like a Fire Burning Bright"
Transkripsi: "Kienbanjō" (Jepang: 気炎万丈)
17 Februari 2017 (2017-02-17)
Rin tidak mampu menarik pedangnya, dan Shura menduga hal itu terjadi karena Rin terlalu khawatir jika apinya akan melukai orang lain. Mephisto muncul dan memasukkan Rin ke dalam kurungan miliknya karena pihak Vatikan memutuskan untuk segera mengeksekusinya. Mamushi dan Juzou kembali, dan Mamushi memohon kepada semua orang untuk mengalahkan Impure King. Yaozo memerintahkan semua orang untuk melakukannya. Shura memberitahukan kepada para Exwire bahwa Rin telah dijatuhi hukuman mati. Ia kemudian memberikan pedang Kurikara kepada Ryuji. Shura meminta teman-teman Rin untuk membantu Rin melarikan diri dari kurungan Mephisto sehingga mereka dapat mengalahkan Impure King. Shiemi akhirnya berhasil membebaskan Rin dan mereka semua pergi ke tempat Impure King.
338"From Father to Son"
Transkripsi: "Fushi Sōden" (Jepang: 父子相伝)
24 Februari 2017 (2017-02-24)
Racun milik Impure King telah menginfeksi warga di dekatnya. Shura meminta para Exwire untuk menemukan Tatsuma. Di tempat kejadian, para Tamer bersiap memanggil Ucchusma, karena Ucchusma adalah akuma elemen api yang tepat untuk melawan racun. Rin dan yang lain menemukan Tatsuma kesulitan untuk bernapas. Karura—yang berukuran kecil—muncul dan menyelamatkan nyawa Tatsuma dengan menyembuhkan luka-lukanya. Karura meminta agar Ryuji membuat perjanjian dengannya, tetapi Tatsuma menentang usulan tersebut. Ryuji menerima usulan Karura dan mempelajari sutra untuk mengatur penghalang. Yukio menemukan Todo dalam kesulitan untuk mengendalikan Karura di dalam tubuhnya. Todo mengejek Yukio tentang kakaknya.
349"Through Thick and Thin"
Transkripsi: "Setchūshōhaku" (Jepang: 雪中松柏)
4 Maret 2017 (2017-03-04)
Yukio mengakui bahwa dia membenci kakaknya, sama seperti dia menyayanginya, tetapi dia lebih membenci dirinya sendiri. Ia menciptakan penjara air naiad untuk menjebak Todo. Kuro membawa Ryuji dan Rin ke tempat di mana Ryuji bisa memasang penghalang. Di sisi lain, Renzo sempat mencoba melarikan diri, tetapi membatalkan niat tersebut setelah Konekomaru terancam bahaya. Sementara itu, Shiemi akhirnya berhasil memanggil Nee setelah sekian lama untuk menolong Izumo yang terlilit spora Impure King. Kembali ke tempat Yukio, Todo terkejut setelah melihat mata Yukio berubah menjadi aneh. Juzou dan yang lain kemudian tiba di tempat tersebut.
3510"Unbowed and Unbroken"
Transkripsi: "Futōfukutsu" (Jepang: 不撓不屈)
11 Maret 2017 (2017-03-11)
Spora akhirnya meledak, mengungkapkan wujud asli dari Impure King. Yaozo memerintahkan semua orang untuk mundur ke luar penghalang. Sementara itu, Yukio bersama Juzou dan para Exorcist lain menyusun rencana demi bisa mengalahkan Todo dan Karura. Api yang diserap Todo tidak mampu ditahan oleh tubuhnya dan membuat Karura mengalami panas yang berlebihan (overheat). Hujan membuat tubuh Todo yang telah menjadi abu, kesulitan beregenerasi dan mencair menjadi lumpur. Di tempat lain, Ryuji menggunakan Karura untuk melindungi dirinya dari Impure King, tetapi tubuhnya sudah mencapai batasnya. Rin masih belum bisa menghunus pedangnya, dan Ryuji memintanya untuk lari selagi masih sempat. Ryuji melemahkan pertahanannya sehingga dia bisa memfokuskan tenaganya pada penghalang, dan mempercayakan kepada Rin untuk melindunginya. Rin akhirnya mampu menarik pedangnya dan menggunakan api birunya untuk melumpuhkan Impure King.
3611"Shine Bright as the Sun"
Transkripsi: "Kōkisanzen" (Jepang: 光輝燦然)
18 Maret 2017 (2017-03-18)
Rin akhirnya berhasil menarik pedangnya. Namun, dirinya masih diliputi keraguan sehingga dia menahan diri untuk tidak menyerang wilayah sekitar. Di tempat lain, Yukio berhasil membungkam Todo dan menyelamatkan Juzou serta yang lain. Di dalam hutan, Shiemi akhirnya berhasil mengeluarkan Izumo dari jeratan racun Impure King. Shura berhasil mencapai tempat Rin. Ryuji kehabisan energi dan mengakibatkan penghalangnya lepas. Ucchusma muncul dan membantu Rin dengan cara meleburkan diri dengan api birunya. Rin mampu melancarkan serangan terakhir kepada Impure King dan berhasil mengalahkannya.
3712"Candid and Open"
Transkripsi: "Kyoshintankai" (Jepang: 虚心坦懐)
25 Maret 2017 (2017-03-25)
Bala bantuan tiba pada pagi hari. Tatsuma berhasil pulang dengan selamat. Rin terbangun dengan Kuro di sisinya, serta Shiemi. Shiemi menyatakan bahwa mereka berdua akan menjadi teman untuk selamanya, membuat Rin menyadari bahwa Shiemi tidak menganggapnya lebih dari itu. Juzou mengumumkan rencananya untuk menikahi Mamushi dan menerima restu orang tua mereka. Para Exwire dan Yukio pergi ke berbagai objek wisata, dan keinginan Rin untuk melihat Menara Kyoto akhirnya terwujud. Setelah kunjungan mereka berakhir, Rin memberi tahu Yukio bahwa dia akan menjadi Exorcist sebagai putra Satan. Meski awalnya tidak setuju, Yukio akhirnya berubah pikiran—dengan syarat Rin betul-betul menjadi Exorcist.
OVA2OVA1"Snake and Poison"
Transkripsi: "Hebi to Doku" (Jepang: 蛇と毒)
4 April 2017 (2017-04-04) (DVD)
Mengisahkan tentang Mamushi Hojo dan Juzou Shima ketika mereka masih menjadi siswa di True Cross Academy.
OVA3OVA2"Spy Game"
Transkripsi: "Supai Gēmu" (Jepang: スパイ・ゲーム)
4 Oktober 2017 (2017-10-04) (DVD)
Mephisto menguji kemampuan Renzo sebagai mata-mata dengan cara memberikan berbagai tugas kepadanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blue Exorcist: Kyoto Impure King Arc Anime Reveals January Premiere, More Cast". Anime News Network. 2 Oktober 2016. Diakses tanggal 2 Oktober 2016. 
  2. ^ "Ao no Exorcist Kyoto Fujouou-hen Confirms January 2017 Air Date, Releases PV and Key Visual". Nagame Digital. 11 Oktober 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Oktober 2016. Diakses tanggal 11 Oktober 2016. 
  3. ^ Green, Scott (29 Juni 2016). "2017 "Blue Exorcist" TV Anime Announcement Spotted". Crunchyroll. Diakses tanggal 30 Juni 2016. 
  4. ^ "Blue Exorcist: Kyoto Saga Anime's TV Ads Preview Theme Songs". Anime News Network. 20 Desember 2016. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  5. ^ "Blue Exorcist Episodes". Crunchyroll. Diakses tanggal 7 Agustus 2011. 
  6. ^ "Blue Exorcist US Official". Aniplex. Diakses tanggal 21 Januari 2021.