Blazor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blazor
Pengembang Original(s) Microsoft
Pengembang(s) .NET Foundation
Tahun Rilis 2018; 4 tahun yang lalu (2018)
Repository github.com/dotnet/aspnetcore/tree/main/src/Components
Operating system Linux, macOS, Windows
Bagian daro ASP.NET Core
Tipe Web framework
Lisensi Apache Apache License 2.0
Website Dokumentasi blazor.net

Blazor adalah web framework yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi web menggunakan C#, HTML, CSS.[1][2][3][4][5]

Blazor sendiri merupakan tipe web framework yang gratis dan Open Source. Blazor sendiri mempunyai keunikan dibanding web framework lainnya, yaitu penggunaan C# sebagai pengganti JavaScript.

Blazor sendiri dibuat oleh Microsoft pada tahun 2018. ketika perilisian, tentu ini membuat heboh para developer .NET dan C#, karena mereka tidak perlu lagi menggunakan JavaScript, ketika hendak membuat frontend untuk aplikasi web.

Blazor merupakan Client Side Web UI, jadi Blazor lebih sering digunakan dalam pembuatan web dalam skala enterprise.

Edisi Blazor[sunting | sunting sumber]

Saat ini, hanya terdapat dua versi Blazor, yang tesedia di Visual Studio yaitu:

Blazor Server: merupakan aplikasi yang hosting servernya menggunakan format ASP.NET Razor. hal ini berati proses compile terjadi pada server. SignalR akan mengurusi bagian update UI. Blazor server dirilis bersama .NET Core 3

Blazor WebAssembly: Aplikasi Singe-page terlebih dahulu di download pada client web browser sebelum di running. Hal ini tentu pada awalnya terasa berat saat dijalankan, namun web ini sangat cepat dalam urusan response time, karena ini merupakan client-side framework

Contoh penggunaan[sunting | sunting sumber]

Contoh dibawah merupakan contoh penggunaan Blazor. Pada contoh dibawah, menunjukan penggunaan Blazor, pada saat membuat fitur menghitung jumlah click button.

Contoh dibawah, dapat terlihat jelas bagaimana syntax @code, yang merupakan C# dapat menggantikan JavaScript, yang umumnya digunakan oleh banyak framework

<h1>Blazor code example</h1>
<p>count: @count</p>
<button class="btn btn-primary" @onclick="IncCount">Click to increment</button>

@code {
  private int count = 0;

  private void IncCount()
  {
    count++;
  }
}

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strahl, Rick (31 July 2018). "Web Assembly and Blazor: Re-assembling the Web". Rick Strahl's Weblog. Self-published. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2018. 
  2. ^ Tomassetti, Federico (September 4, 2018). "Blazor.NET in the Browser". tomassetti.me. Strumenta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2018. 
  3. ^ James, Mike (12 February 2018). "Blazor.NET In The Browser". i-programmer.info. Self-published. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-18. 
  4. ^ Miller, Jonathan (September 2018). "C# in the Browser with Blazor". MSDN Magazine. 33 (9). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2018. 
  5. ^ Roth, Daniel (22 March 2018). "Get started building.NET web apps that run in the browser with Blazor". ASP.NET Blog. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-30.