Blake Chancey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blake Chancey
Lahir11 September 1962 (umur 61)
AsalNashville, Tennessee, AS
GenreCountry
PekerjaanProduser rekaman
Tahun aktif1976–sekarang
Artis terkaitDixie Chicks, Montgomery Gentry, Waylon Jennings, Gretchen Wilson, Mary Chapin Carpenter

Blake Chancey (lahir 9 November 1962) adalah produser rekaman dan eksekutif bisnis musik Amerika, yang dikenal terutama karena karyanya dalam musik country. Sebelumnya sebagai wakil presiden dan kepala petugas kreatif untuk Sony Music, ia kemudian membentuk kemitraan dengan manajer artis Scott Siman. Saat ini dia adalah chief creative officer dan partner RPM Music Group di Nashville, Tennessee dan salah satu produser rekaman terkemuka di Nashville.

Karir[sunting | sunting sumber]

Chancey adalah putra dari produser rekaman dan eksekutif label Ron Chancey, yang menandatangani George Strait dan Jimmy Buffett, dan memproduseri Oak Ridge Boys dan Billy Crash Craddock dan Jeris Ross, antara lain.

Memulai karirnya sebagai sound engineer, ia pertama kali bekerja dengan Ricky Nelson, The Allman Brothers Band dan Joe Walsh. Dia kemudian mendaftar di Program Bisnis Musik di Middle Tennessee State University di mana dia menerima gelar BA dalam Bisnis Musik. Bekerja dengan Bob Beckham di Combine Music, ia bekerja dengan penulis seperti Dennis Linde, Kris Kristofferson, Tony Joe White, Larry Gatlin dan Guy Clark. Salah satu kesuksesan pertamanya sebagai produser adalah album debut platinum David Ball.

Pada awal 1990-an, Siman dan Paul Worley, yang menjalankan Sony Nashville, menghubungi Chancey untuk menjadi eksekutif dan produser A&R di Sony Records. Selama di Sony Chancey bekerja dengan dan mengembangkan The Dixie Chicks, Ricochet, Montgomery Gentry, serta mengawasi A&R dari banyak artis lain dalam daftar. Dia kemudian memproduseri Waylon Jennings, Billy Ray Cyrus, Little Big Town dan Mary Chapin Carpenter dan banyak artis Sony lainnya.

Album Dixie Chicks' 1998 Ruang Terbuka Lebar dan album Fly 1999 memenangkan Chancey a Grammy Award untuk Album Country Terbaik.[1] Mereka juga memberinya dua CMA Awards dan dua ACM Awards , dan berbagai nominasi lainnya.

Sejak meninggalkan Sony Records, Chancey telah bekerja sebagai produser dan penerbit independen, memproduksi rekaman di Montgomery Gentry,[2] Gretchen Wilson, The Lost Trailer , Kellie Pickler,[3] Jeff Bates dan lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blake Chancey. Semua musik. 18 Mei 2009 <https://www.allmusic.com/artist/p63690/charts-awards>.
  2. ^ Montgomery Genry-My Town You Do Your Thing. 18 Mei 2009 <http://www.artistdirect.com/nad/store/artist/album/0,,4769527,00.html>.
  3. ^ Gadis Kota Kecil Kellie Pickler. Artis Langsung. 18 Mei 2009 <http://www.artistdirect.com/nad/store/artist/album/0,,3785735,00.html>.