Bisikloundekana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bisikloundekana adalah senyawa organik dengan rumus molekul C11H20. Bisikloundekana pada dasarnya adalah bentuk bola dari cincin sikloundekana. Dalam sikloundekana, sebelas atom karbon digabungkan menjadi sebuah rantai yang akhirnya bertemu di ujungnya membentuk sebuah cincin. Dalam bisikloundekana, sebelas atom karbon disusun hampir bulat sebagai dua kelompok yang terdiri dari empat atom karbon dengan kelompok ketiga yang terdiri dari tiga atom karbon bertindak sebagai jembatan. Setiap atom karbon non-jembatan terikat pada dua atom hidrogen sehingga bisikloundekana menjadi senyawa jenuh. Ia adalah sebuah bisikloalkana. Bisikloalkana terkait lainnya adalah bisiklooktana dan bisiklononana.

Bisikloundekana bersifat konduktif secara anisotropik. Ia adalah salah satu dari beberapa residu hidrokarbon terjembatani yang terbentuk selama pengerasan panas dari perekat konduktif yang dapat dipolimerisasi berdasarkan di(meta)akroiloksimetil-trisiklodekana, peroksida organik, dan resin termoplastik; perekat semacam ini memiliki aplikasi dalam bidang elektronika.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tomoyuki Ishimatsu. "Anisotropic conductive adhesive". United States Patent 6827880. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2007.