Biola listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biola listrik
Detail depan, belakang, dan headstock biola listrik Leo Fender
Klasifikasi
Alat musik terkait

Biola listrik adalah sebuah Biola yang dilengkapi dengan keluaran suara elektronik. Istilah yang paling tepat mengacu pada instrumen yang sengaja dibuat untuk listrik dengan pickup built-in, biasanya dengan bodi padat. Bisa juga merujuk pada biola yang dilengkapi listrik Pick up dari beberapa jenis, meskipun "biola yang diperkuat" atau "biola listrik-akustik" lebih tepat dalam hal itu.

Biola dengan penguat listrik telah digunakan dalam berbagai bentuk sejak tahun 1920-an, artis jazz dan blues Stuff Smith umumnya dianggap sebagai salah satu pemain pertama yang mengadaptasi pickup dan penguat ke biola. Electro Stringed Instruments Corporation, Country dan Vega menjual biola listrik pada tahun 1930an dan 1940an; Fender memproduksi sejumlah kecil biola elektrik pada tahun 1950an. Jadi, masih banyak lagi kesuksesan komersial dari produsen biola elektrik ternama sejak tahun 1990-an, baik bagi perusahaan ternama, yang sudah mapan, maupun produsen baru.

Biola akustik dapat digunakan dengan jembatan tambahan piezoelektrik atau pickup badan, atau pickup magnetik yang dipasang di ujung entri piano. Sebagai alternatif, pickup senar magnetik dapat dipasang di bawah piano biola akustik untuk menghindari gangguan pada bagian mana pun yang menghasilkan nada-biola, sehingga menjaga resonansi dan nada akustik tetap utuh tanpa masalah umpan balik.[1]

Biola akustik tradisional dan biola elektronik modern dari Marc Capuano.

Untuk menghindari umpan balik dari resonansi benda berongga di bawah amplifikasi tinggi di atas panggung, banyak instrumen yang memiliki benda padat. Nada (nada warna) biola standar yang tidak diperkuat sebagian besar disebabkan oleh resonansi ini, namun, bergantung pada cara sinyal dideteksi, biola elektrik mungkin memiliki suara yang "lebih mentah" atau "tajam" dibandingkan instrumen akustik. . Suara mentah ini sering kali disukai dalam genre rock, pop, dan beberapa genre avant-garde . Ada beberapa desain "semi-hollow", yang berisi ruang berongga tertutup namun beresonansi yang memberikan perkiraan suara biola akustik sekaligus mengurangi kerentanan terhadap umpan balik.

Biola elektrik bertubuh padat biasanya memiliki desain non-tradisional dan minimalis untuk menjaga bobot tetap rendah. Baru-baru ini, material seperti Kevlar, fiberglass dan karbon, digunakan dalam proses pembangunan.

Mereka sering dilihat sebagai instrumen "eksperimental", kurang mapan dibandingkan gitar atau bass elektrik. Oleh karena itu, terdapat banyak variasi pada desain standarnya, seperti fret, senar tambahan, kepala mesin, senar " penyanyi " yang bunyinya 1 oktaf lebih rendah dari biasanya, dan senar simpatik . Luthier Yuri Landman membuat biola elektrik 12 senar untuk band Belgia DAAU. Senar pada alat musik ini dikelompokkan dalam empat kelompok yang terdiri dari tiga senar yang disetel secara bersamaan sehingga membentuk paduan suara . Instrumen ini juga dilengkapi pickup tambahan di bagian ekor untuk amplifikasi tambahan resonansi senar.

Referensi[sunting | sunting sumber]