Biografisch Portaal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang BPN
Institut Huygens bertempat di gedung yang sama dengan RKD, Arsip Nasional, Museum Letterkundig Nederlands (LM), Institut Musik Belanda (NMI) dan Koninklijke Bibliotheek.

Biografisch Portaal (Inggris: Biography Portal), atau umumnya disingkat menjadi BPN, adalah sebuah inisiatif yang berbasis di Institut Huygens untuk Sejarah Belanda di Den Haag, dengan tujuan membuat teks biografi di Belanda lebih mudah diakses.

Proyek ini dimulai pada bulan Februari 2010 dengan material yang terdiri dari 40.000 biografi digital, dengan tujuan untuk memberikan akses digital ke semua informasi tepercaya tentang orang-orang Belanda dari awal sejarah sampai zaman modern.[1]

Belanda sebagai istilah geografis mencakup bekas koloni, dan istilah "orang" merujuk pada orang-orang yang lahir di Belanda dan bekas jajahannya, dan juga orang-orang yang lahir di tempat lain namun aktif di Belanda dan bekas koloninya. Sampai tahun 2011, hanya informasi biografi tentang tokoh yang sudah meninggal yang disertakan. Sistem yang digunakan didasarkan pada standar Text Encoding Initiative. Akses ke Biografisch Portaal tersedia gratis melalui antarmuka berbasis web.

Proyek ini merupakan usaha kooperatif oleh sepuluh badan ilmiah dan budaya di Belanda dengan Institut Huygens sebagai kontak utama. Badan lainnya adalah:

Selain proyek digital yang sedang berlangsung, kamus biografi Belanda yang aslinya diterbitkan dalam bentuk buku yang telah didigitalkan dan dimasukkan ke dalam indeks Biografisch Portaal adalah:[2]

Pada bulan November 2012, Biografisch Portaal telah memuat 80.206 tokoh dalam 125.592 biografi. Pada bulan Februari 2012, sebuah proyek baru dimulai dengan nama "BiographyNed" untuk membangun alat analisis untuk digunakan dengan Biografisch Portaal yang akan menghubungkan biografi dengan kejadian dalam ruang dan waktu.[3] Tujuan utama proyek tiga tahun ini adalah merumuskan "batas-batas Belanda".[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ini adalah satu-satunya kamus terindeks yang tidak dapat diakses dari alamat IP di luar perpustakaan-perpustakaan universitas di Belanda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biografisch Portaal ontsluit binnenkort 40.000 biografieën - Nederlandse grondwet". www.denederlandsegrondwet.nl. Diakses tanggal 6 Februari 2018. 
  2. ^ "Collecties — Nederlands". www.biografischportaal.nl. Diakses tanggal 6 Februari 2018. 
  3. ^ "Toekenning BiographyNed Huygens ING / VU". knaw.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-13. Diakses tanggal 2018-02-06. 
  4. ^ "Grant for eHumanities project: BiographyNed - 2012 - Faculty of Arts, VU University Amsterdam". vu.nl. 24 Februari 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-02. Diakses tanggal 2018-02-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]