Bilah alat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
OpenOffice.org memungkinkan bilah-alatnya dilepas dan dipindahkan antara jendela dan toolbar lainnya

Bilah alat (awalnya dikenal sebagai bilah pita ), [1] [2] adalah elemen kontrol grafis yang dapat digunakan ikon pada layar. sering kali memungkinkan akses cepat ke fungsi-fungsi yang biasa digunakan dalam program. Beberapa contoh fungsi yang mungkin dimiliki bilah alat adalah membuka berkas menyimpan, dan mengubah fon.

Varian[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa elemen antarmuka pengguna yang berasal dari bilah alat

  • Bilah alamat, bilah lokasi, atau bilah URL adalah bilah alat yang sebagian besar terdiri dari kotak teks. Biasanya menerima URL atau alamat sistem file. Mereka ditemukan di peramban web dan pengelola berkas .
  • Bilah pandu arah memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi mereka dalam suatu program atau sistem berkas. Itu adalah bilah yang isinya berubah secara dinamis untuk menunjukkan jalur navigasi.
  • Bilah pita awalnya digunakan untuk merujuk ke bilah alat biasa, namun sekarang berarti antarmuka pengguna yang kompleks yang terdiri dari beberapa bilah alat yang dipilih di antara tab .
  • Bilah tugas adalah bilah alat yang disediakan oleh sistem operasi untuk meluncurkan, memantau, dan memanipulasi perangkat lunak. Bilah tugas mungkin menampung sub-bilah alat lainnya .

Kotak pencarian itu sendiri bukan merupakan bilah alat tetapi dapat muncul di dalam bilah alat, seperti halnya dengan bilah alamat.

Bilah alat mungkin muncul di berbagai perangkat lunak. Beberapa peramban internet memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konten atau lokasi bilah alatnnya. Colok-masuk dapat digunakan untuk menambahkan bilah alat baru ke beberapa program.

Terkadang virus trojan horse berbentuk bilah alat.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The 1996 Oxford Dictionary of Computing describes the term "ribbon" in user interface design as "...a horizontal row of control icons that can often be redefined to suit the user's requirements."- what is currently more commonly referred to as "toolbar". Illingworth, Valerie, ed. (1996). Oxford Dictionary of Computing (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-4th). Oxford University Press. ISBN 978-0192800466. LCCN 98114667. OCLC 44963186. 
  2. ^ ESPRIT '88: putting the technology to use : proceedings of the 5th Annual ESPRIT Conference, Brussels, November 14-17, 1988, Part 2. North-Holland. 1988. ISBN 978-0-444-87145-9. Diakses tanggal 28 May 2013. [...] a ribbon that contains labeled icons (64×64 bit maps) representing tasks and tools that has been instantiated by the user. Each tasktool is represented by a different icon. 
  3. ^ "Toolbars". Malwarebytes Labs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-22.