Biara Niederalteich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika biara
Panorama 360° Niederalteich (Bavaria) dan khususnya Biara Benediktin Niederaltaich

Biara Niederaltaich (Abtei atau Kloster Niederaltaich) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikeola oleh Ordo Benediktin yang didirikan pada tahun 741,[1] terletak di desa Niederalteich di Danube di Bavaria, Jerman.[a]

Fondasi dan sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Setelah didirikan pada tahun 741 oleh Adipati Odilo dari Bavaria, biara yang didedikasikan untuk Santo Mauritius ini dihuni oleh para biarawan dari Biara Reichenau di bawah pimpinan Santo Pirmin. Eberswind, kepala biara pertama, dianggap sebagai penyusun "Lex Baiuvariorum", kode hukum pertama masyarakat Bavaria.[2]

Biara ini mengolah sebagian besar wilayah Bavaria Bawah hingga menjadi wilayah Republik Ceko saat ini, dan mendirikan 120 pemukiman di Hutan Bavaria. Pada masa pemerintahan Charlemagne dan Louis orang Jerman biara memperluas kepemilikannya sampai ke Wachau. Kepala Biara Gozbald (825-855) adalah kanselir agung yang terakhir.[2]

Pada tahun 848 biara menerima hak pemilihan kepala biara secara bebas, dan pada tahun 857 menjadi reichsunmittelbar (yaitu, bebas dari semua kekuasaan teritorial kecuali monarki itu sendiri). Pada akhir abad ke-9, lebih dari 50 biarawan telah menjadi kepala biara di biara lain atau diangkat menjadi uskup. Namun abad ke-10 membawa kekacauan serangan Hongaria, dan antara tahun 950 dan 990 biara tersebut menjadi yayasan perguruan tinggi (Kollegiatstift).[2]

Di bawah Abbot Gotthard atau Godehard dari Hildesheim (996–1022), lebih dikenal sebagai Saint Gotthard, biara memasuki zaman keemasan baru. Santo Gotthard, yang bersama dengan Adipati Henry dari Bavaria, yang kemudian menjadi Kaisar Henry II, adalah pendukung utama reformasi biara kontemporer, mungkin adalah kepala biara yang paling terkenal. Dia kemudian menjadi Uskup Hildesheim, di mana dia dimakamkan.[3]

Biara ini diberikan oleh Kaisar Frederick Barbarossa kepada Uskup Bamberg pada tahun 1152, dan sebagai konsekuensinya kehilangan status reichsunmittelbar. Pada tahun 1242 Wittelsbach yang diwarisi dari Pangeran Bogen jabatan Vogt (tuan pelindung) biara.[4]

Kepala biara penting sejak saat itu adalah Hermann (menjabat dari tahun 1242 hingga 1273), penulis "Annales Hermanni",[5] dan kepala biara Reformasi Kilian Weybeck (1503 hingga 1534) dan Paulus Gmainer (1550 hingga 1585 ). Pembangunan gereja biara Gotik dimulai pada tahun 1260 di bawah kepemimpinan Kepala Biara Herman.[4] Vitus Bacheneder, kepala biara antara tahun 1651 dan 1666, didirikan setelah Perang Tiga Puluh Tahun fondasi kemakmuran ekonomi biara pada periode Barok. Di bawah Kepala Biara Joscio Hamberger (1700–1739) pembangunan biara dan gereja Barok berlangsung, serta pembangunan sekolah. Gereja ini merupakan proyek pertama yang dibangun oleh arsitek Barok terkenal Johann Michael Fischer, yang mengerjakannya dari tahun 1724-1726.

Sejarah selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Biara ini dibubarkan pada sekularisasi Bavaria pada tahun 1803.[4] Kebakaran di gereja pada tahun 1813, yang disebabkan oleh sambaran petir, menandai dimulainya pembongkaran kompleks Barok. Bangunan biara dijual kepada perorangan. Kapel samping gereja biara, biara Gotik dan bangunan-bangunan yang bersebelahan, serta gereja paroki, dihancurkan.

Pada tahun 1918, dengan bantuan warisan dari profesor teologi Franz Xaver Knabenbauer, penduduk asli Niederalteich, sebuah biara didirikan kembali di sini dan menetap dari Biara Metten. Pada tahun 1932 gereja biara menerima dari Paus gelar "Basilika minor".

Pada tahun 1949, di bawah kepemimpinan Kepala Biara Emmanuel Maria Heufelder, biara ini sekali lagi menjadi biara independen.

Pada tahun 1946 St.-Gotthard-Gymnasium ("St.-Gotthard-Grammar School") didirikan kembali setelah ditutup oleh Nazi. Bagian sisa bangunan Barok dimasukkan ke dalam bangunan baru pada tahun 1953-1954 dan direnovasi secara bertahap. Pada tahun 1959 Katholische Landvolkshochschule ("Sekolah Menengah Negeri Katolik") didirikan di sini, dan antara tahun 1971 dan 1973 sebuah gedung sekolah baru didirikan untuk St.-Gotthard-Gymnasium karena jumlah murid terus meningkat pada tahun 1960-an. Namun, fasilitas asramanya ditutup pada tahun 1994 dan diubah pada tahun 1999-2001 menjadi Pusat Konferensi dan Perhotelan St. Pirmin. Pada tahun 2006 dan 2007 gedung sekolah St.-Gotthard-Gymnasium direnovasi. Sekolah itu sendiri kini menjadi Ganztagschule yang menyelenggarakan pelajaran wajib mulai pukul 07.45 hingga 16.00.

Biara Niederaltaich telah menjadi anggota Jemaat Bavaria dari Konfederasi Benediktin sejak didirikan kembali pada tahun 1918.

Katolik Bizantium[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1924 Paus Pius XI memberikan tugas kepada para Benediktin untuk membuat teologi dan spiritualitas timur dikenal di barat.

Niederaltaich, sebagai konsekuensi dari tujuan ekumenis ini, telah menjadi biara dengan dua tradisi atau ritus gerejawi, satu bagian dari para biarawan yang hidup dan berdoa menurut ritus Romawi, bagian lainnya menurut ritus Bizantium.

Ekaristi dan Kantor Ilahi dirayakan oleh para biarawan dalam bahasa Jerman dalam kedua ritus, dan sebagai tambahan, teks liturgi dari Slavonik Gereja dan Yunani juga telah diterjemahkan.

Pada tahun 1986 sebuah gereja dan kapel, keduanya didedikasikan untuk Uskup Nicholas dari Myra (Santo Nikolas), didirikan untuk perayaan Ritus Bizantium di gedung-gedung bekas tempat pembuatan bir biara.[6]

Daftar abbas[sunting | sunting sumber]

Biara asli[sunting | sunting sumber]

Biara yang direstorasi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah Biara Niederaltaich 741 - 1971. Ottobeuren. 
  2. ^ a b c niederaltaich.de/en/monastery/history "Sejarah Abtei Niederaltaich", Benediktinerabtei Niederaltaich
  3. ^ Schmucki, Ottaviano. "San Gottardo di Hildesheim", Santi e Beati, 22 Juni 2002
  4. ^ a b c Lankes, Christian. "Niederalteich, Gerbang Bavaria ke Timur", (Deborah Lehmann-Irl, trans.) Pusat Sejarah Bavaria, Augsburg.
  5. ^ 07267a.htm Ott, Michael. "Hermann dari Altach." Ensiklopedia Katolik Vol. 7. New York: Robert Appleton Company, 1910. 8 November 2022 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  6. ^ "Biara Niederalteich", Straße der Kaiser und Könige
  1. ^ "Niederaltaich" adalah ejaan konvensional untuk biara, "Niederalteich" dari desa.