Biara Mariastein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Mariastein
Keajaiban Mariastein, oleh Meister E.S., 1543, di gereja biara

Biara Mariastein (Kloster Mariastein) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Benediktin dan terletak di Metzerlen-Mariastein di Kanton Solothurn, Swiss.

Mariastein, setelah Einsiedeln, adalah tempat ziarah terpenting kedua di Swiss. Di atas Kapel Rahmat ("Gnadenkapelle") sekarang berdiri basilika Gotik bertingkat tiga. Interiornya Baroque dan fasad pintu masuknya bergaya klasik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan udara (1950)

Mariastein bermula sebagai tempat ziarah pada akhir abad ke-14, dengan legenda mukjizat Perawan Maria yang Terberkati; sebuah kapel batu pertama kali disebutkan secara pasti pada tahun 1434. Para pertapa Augustinian dari Basle bertanggung jawab atas situs tersebut.

Pada tahun 1648 Biara Mariastein didirikan di sini dengan relokasi sisa-sisa komunitas yang gagal di Beinwil, dan pendirian biara Benediktin untuk menampung mereka. Biara ini sangat sukses baik sebagai komunitas Benediktin yang bangkit kembali maupun sebagai promotor dan penjaga situs ziarah, yang pada saat itu dianggap penting sebagai tempat tersebut.

Biara ini disekularisasikan dua kali, setelah tahun 1792, karena Revolusi Perancis sejak tahun 1791 dan seterusnya. Karena di Prancis banyak warga yang tidak menyetujui pengkhotbah di sana, mereka pergi ke Mariastein dan di sanalah anak-anak Prancis mereka menerima baptisan atau pernikahan dimeteraikan.[1] Pemerintah Perancis menentang dan mengancam akan memecat biara tersebut, sehingga Pemerintah Wilayah mengirim seorang gubernur sipil untuk memimpin biara tersebut, yang melarang misa umum.[2] Pada tahun 1798 pasukan yang dipimpin oleh Jenderal Perancis Balthazar Alexis Henri Schauenburg menjarah biara dan mengirim para biarawan ke pengasingan.[2] Baru pada tahun 1802 para biarawan diizinkan untuk kembali dan membangun kembali biara.[3] Akibat konflik antara negara dan Gereja Katolik Roma, para biarawan terpaksa mencari perlindungan pada tahun 1874; pertama di Perancis, di Delle.[4] Pada tahun 1902 mereka diusir karena perubahan hukum di Prancis, untuk waktu yang singkat di Dürrnberg dekat Hallein di Austria, dan terakhir di Bregenz, juga di Austria.[4] Ketika biara di Bregenz ditutup oleh Gestapo, para biarawan kembali ke Mariastein, di mana mereka diberikan suaka pada tahun 1941.[4] Setelah referendum pada tahun 1970, biara ini didirikan kembali pada tanggal 21 Juni 1971 dengan sebuah upacara di mana Landamman dari Kanton Solothurn Willi Ritschard mengembalikan hak hukum atas biara tersebut kepada Kepala Biara Basilius Niederbegrer.[4]

Biara ini telah menjadi anggota Kongregasi Swiss, sekarang menjadi bagian dari Konfederasi Benediktin, sejak tahun 1647.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haas, Hieronymus. Wallfahrtsgeschichte von Mariastein. Mariastein: Editio de Consolatione. hlm. 82. 
  2. ^ a b Haas, Hieronymus. (1973),hal.83
  3. ^ Haas, Hieronymus. (1973),hal.84
  4. ^ a b c d Zwahlen, Fränzi. "Kloster mariastein - Zuerst wurden die Mönche vertrieben, dann aber wieder willkommen geheissen". Solothurner Zeitung. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°28′34″N 7°29′32″E / 47.47611°N 7.49222°E / 47.47611; 7.49222