Biara Göss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Göss
Reichsstift Göß
Biara Göss
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
Statusparoki
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Graz-Seckau

Biara Göss (Jerman: Stift Göß) adalah bekas biara Benediktin dan bekas gereja katedral Katolik yang terletak[1] di Göss, sekarang menjadi bagian dari Leoben di Styria, Austria. Setelah biara dibubarkan pada tahun 1782, gereja tersebut, yang sekarang menjadi gereja paroki, menjadi tempat kedudukan Keuskupan Leoben yang berumur pendek.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan pada tahun 1004 oleh Adula atau Adela dari Leoben, istri Pangeran Aribo I, dan putranya, yang juga disebut Aribo, calon uskup agung Mainz, pada tanah leluhur keluarga tersebut, dan dihuni oleh para kanon wanita dari Biara Nonnberg di Salzburg. Kepala biara pertama adalah Kunigunde, saudara perempuan Uskup Agung Aribo. Tempat ini dijadikan biara kekaisaran oleh Henry IV, Kaisar Romawi Suci, pada tahun 1020. Peraturan Benediktin diperkenalkan pada abad ke-12.

Biara Göss berfungsi selama berabad-abad sebagai pusat aristokrasi Styrian untuk mendidik putri-putri mereka dan jika perlu diakomodasi, dan masuknya dibatasi secara ketat pada anggota bangsawan.

Biara tersebut, biara kekaisaran terakhir yang tersisa di tanah Habsburg, dibubarkan pada tahun 1782 selama reformasi rasionalis Joseph II, Kaisar Romawi Suci, dan dari tahun 1786 menjabat untuk waktu yang singkat sebagai tempat kedudukannya. dari Keuskupan Leoben yang baru didirikan, di mana bekas gereja biara, yang didedikasikan untuk Santa Maria dan Santo Andreas, adalah katedralnya. Uskup pertama dan satu-satunya meninggal pada tahun 1800, dan sejak tahun 1808 keuskupan tersebut dikelola oleh Uskup Seckau hingga secara resmi dihapuskan pada tahun 1859. Pada tahun 1827, lokasi tersebut dilelang dan diakuisisi oleh koperasi pembuat roda Vordernberg, yang terutama tertarik pada hutan di bekas perkebunan biara. Pada tahun 1860, bangunan tersebut diakuisisi oleh pembuat bir dari Graz (biara tersebut telah memiliki pembuat bir sendiri sejak tahun 1459) dan sejak itu digunakan sebagai tempat pembuatan bir, Brauerei Göß.

Bangunan dan isinya[sunting | sunting sumber]

Bekas gereja biara, singkatnya Katedral Leoben, kini digunakan sebagai gereja paroki. Ini adalah bangunan besar Gotik akhir yang berisi ruang bawah tanah Romawi awal di bawah paduan suara, beberapa fresko Gotik di kapel Santo Mikael di Zackenstil atau "gaya zigzag", dan atap yang megah. Göss chasuble (Gößer Ornat yang terkenal), sebuah karya sulaman sutra bergaya Romawi yang berharga, kini disimpan di Museum für angewandte Kunst di Wina.

Kini hilang bekas gereja paroki, kuburan dan bangunan bekas di sebelah barat gereja biara. Brunnhöfl ("halaman air mancur"), yang sebagian besar masih ada, sudah terkenal.

Keingintahuan yang dipajang di tempat itu adalah spesimen langka peti mati tahun 1784 yang dapat digunakan kembali dengan bagian bawah terbuka yang menyimpan mayat-mayat di dalamnya ke dalam kuburan umum. Sebuah produk dari rasionalisme Josephine, yang bertujuan untuk menyelamatkan pemerintah daerah dari biaya peti mati dalam pemakaman orang miskin, namun hal ini merupakan tindakan yang sangat tidak populer dan peti mati tersebut ditarik hanya dalam beberapa bulan.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dom Sankt Maria und Andreas, Göß, Steiermark, Austria". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-09-08. 
  2. ^ Lihat de:Josephinischer Gemeindesarg

Koordinat: 47°21′47″N 15°05′45″E / 47.36306°N 15.09583°E / 47.36306; 15.09583