Biara Ettal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fasad basilika Biara Ettal

Biara Ettal (Jerman: Kloster Ettal) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Ordo Benediktin, terletak di desa Ettal dekat dengan Oberammergau dan Garmisch-Partenkirchen di Bavaria, Jerman. Dengan komunitas (pada tahun 2005) lebih dari 50 biarawan, dengan lima lainnya di Wechselburg, Biara ini menjadi salah satu rumah Benediktin terbesar dan merupakan daya tarik utama bagi pengunjung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Abad Pertengahan dan Periode Modern Awal[sunting | sunting sumber]

Interior Gereja

Biara Ettal didirikan pada tanggal 28 April 1330, Santo Vitalis dari Milan, oleh Kaisar Ludwig dari Bavaria di lembah Graswang, sebagai pemenuhan sebuah sumpahnya, sekembalinya dari penobatannya di Roma, di lokasi strategis yang penting di jalur perdagangan utama antara Italia dan Augsburg. Legenda fondasinya adalah bahwa kuda Ludwig berlutut tiga kali di lokasi bangunan gereja asli, di mana terdapat patung marmer Madonna dan Kanak-kanak Yesus ("Frau Stifterin" atau "Ettal Madonna") sekarang berdiri. Patung tersebut dibawa oleh Ludwig dari Pisa sebagai hadiah untuk yayasan barunya. Segera menjadi objek ziarah.[1] Gereja didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Yayasan ini awalnya terdiri dari biara ganda Benediktin – sebuah komunitas untuk pria dan satu lagi untuk wanita – dan juga rumah Ksatria Teutonik.

Gereja biara Gotik yang asli, dibangun antara tahun 1330 dan 1370, merupakan bangunan yang sederhana dibandingkan dengan gereja-gereja besar di Bavaria abad pertengahan.

Biara ini mengalami kerusakan besar selama Reformasi di tangan pasukan Maurice dari Saxony, namun selamat dari masalah Perang Tiga Puluh Tahun (1618–1648).

Ekspansi Barok[sunting | sunting sumber]

Lukisan dinding di bawah kubah

Pada tahun 1709, di bawah kepemimpinan Kepala Biara Placidus II Seiz, masa keemasan Ettal dimulai dengan berdirinya "Akademi Ksatria" ("Ritterakademie"), yang berkembang menjadi sekolah yang sangat sukses dan memulai tradisi pendidikan biara. . Pada tahun 1744, biara dan gereja biara sebagian besar hancur dalam kebakaran. Pembangunan kembali spektakuler berikutnya dalam gaya Barok, dengan kubah bercangkang ganda, sesuai dengan rencana Enrico Zuccalli, seorang arsitek Swiss-Italia yang bekerja di Munich, yang pernah mempelajari dengan Bernini. Dekorasinya terutama dilakukan oleh Josef Schmutzer dari Wessobrunn School ahli plesteran dan Johann Baptist Straub, yang bertanggung jawab atas altar dan kansel.

Pentingnya Ettal sebagai tempat ziarah tumbuh dengan adanya bangunan baru dan menjadi salah satu biara terpenting di wilayah Alpine.

Sekularisasi[sunting | sunting sumber]

Biara ini dibubarkan pada tahun 1803 semasa sekularisasi harta tanah gereja di Bavaria. Situs ini diakuisisi pada tahun 1809 oleh Josef von Elbing dan dijual oleh keturunannya pada tahun 1856 kepada Count Pappenheim. Beberapa pekerjaan bangunan kecil diselesaikan pada abad ke-19, terutama renovasi fasad dan menara lonceng kembar.

Fondasi kedua[sunting | sunting sumber]

Patung di mimbar

Pada tahun 1898, bangunan tersebut diakuisisi oleh Baron Theodor von Cramer-Klett dan, pada tahun 1900, diberikan kepada para Benediktin dari Biara Scheyern, yang mendirikan kembali biara di sini. Ia telah menjadi anggota Jemaat Bavaria dari Konfederasi Benediktin sejak tahun 1900. Gereja biara Ascension dinyatakan sebagai basilika minor pada tahun 1920.

Selama musim dingin tahun 1940–1941, pastor dan teolog Jerman Dietrich Bonhoeffer (1906–1945) menghabiskan beberapa bulan di biara sebagai teman dan tamu Kepala Biara. Seperti Bonhoeffer, sejumlah anggota komunitas Ettal terlibat dalam konspirasi melawan Hitler. Selama di Ettal, Bonhoeffer juga mengerjakan bukunya Ethics. Imam Katolik Rupert Mayer ditahan di Biara sebagai tahanan rumah dari tahun 1939 hingga 1945 oleh Nazi untuk mencegahnya melakukan khotbah anti-Nazi lebih lanjut.

Pada tahun 1993, Ettal mendirikan kembali bekas Biara Wechselburg di Saxony, sebuah biara tua Kanon Augustinus, sebagai biara Benediktin.

Ettal mengelola Institut Bizantium. Kepala biara Ettal, Joannes Hoeck, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peran para Patriark dalam pemerintahan Gereja pada Konsili Vatikan Kedua.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gründung des Klosters". Kloster Ettal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Desember 2016. 
  • Drößler, Adolf (1930). Königsschloß Linderhof, Oberammergau und Kloster Ettal. Würzburg: Violette Bücher. 
  • Koch, Laurentius (1996). Basilika Ettal. Kloster-, Pfarr- und Wallfahrtskirche. Ettal: Buch-Kunstverlag. 
  • Prosch, Magdalena (1927). Die sonnige Not. Regensburg: Manz. 
  • Sarach, Rupert (1970). Festschrift zum 300jährigen Weihejubiläum der Klosterkirche Ettal. Ettal: Buch-Kunstverlag. 
  • Schenk, Clemens (1960). Kloster Ettal bei Oberammergau. Eine kunstgeschichtliche Betrachtung. Würzburg: Triltsch. 
  • Schnell, Hugo (1960). Ettal. Kloster- und Marien-Münster. Munich: Schnell & Steiner. 
  • Seidel, Max (1949). Ad gloriam dei. Neue Bilder vom Benediktinerkloster Ettal. Stuttgart: Belser. 
  • Seidel, Max (1860). Kloster Ettal. Kurzgefaßte Nachricht von dem Ursprunge, Fortgange und Ende des Benediktinerklosters Ettal. Munich: Weiß. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°34′18″N 11°05′42″E / 47.57167°N 11.09500°E / 47.57167; 11.09500