Biara Bonne-Espérance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kompleks Biara Bonne-Espérance

Biara Bonne-Espérance (Prancis: Abbaye de Bonne-Espérance) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Ordo Premonstratensian, berdiri dari tahun 1130 hingga akhir abad ke-18, dan terletak di Vellereille-les -Brayeux di kotamadya Walloon Estinnes, provinsi Hainaut, Keuskupan Tournai, pada masa sekarang Belgia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian biara ini berasal dari pertobatan William, satu-satunya putra dan pewaris Rainard, Ksatria Croix. William telah mengikuti ajaran sesat Tanchelm, tetapi Norbert dari Xanten membawanya kembali ke Katolik. Sebagai rasa terima kasih, orang tuanya, Rainard dan Beatrix, memberikan tanah kepada Norbert untuk pendirian sebuah biara di Ramegnies, sementara William mengikuti Norbert ke Prémontré. Ramegnies ditemukan tidak cocok, Odo, kepala biara pertama, memimpin koloni mudanya ke lokasi lain di lingkungan itu.

"Bonne-Espérance" adalah Prancis untuk "harapan baik". Legenda mengatakan bahwa ketika Odo melihat tempat yang menjadi lokasi biara baru, dia berseru: "Bonæ spei fecisti filios tuos" ("Ya Tuhan, Engkau telah membuat anak-anak-Mu menjadi harapan yang baik").[1] Penjelasan lain mengenai nama ini merujuk pada penghormatan terhadap patung Bunda Maria Pengharapan.

Biara berkembang dan Odo digantikan oleh Philip of Harvengt, seorang penulis teologi penting.[2] Oda, yang pembelaan keperawanannya telah dijelaskan oleh Kepala Biara Philip, adalah seorang biarawati Premonstratensian di rumah bawahan di Rivreulle di bawah arahan kepala biara Bonne-Espérance.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kitab Kebijaksanaan, xii, 19
  2. ^ Bekerja di Migne, Patrologia Latina, CCIII