Biara Benediktbeuern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Benediktbeuern
Biara Salesian Don Bosco Benediktbeuern
Jerman: Kloster Benediktbeuern
LokasiBenediktbeuern
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBiara
Status fungsionalAktif

Biara Benediktbeuern (Jerman: Kloster Benediktbeuern) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Gereja Katolik yang dikelola oleh Ordo Salesian Don Bosco, awalnya adalah biara Ordo Benediktin, terletak di Benediktbeuern di Bavaria, dekat Kochelsee, 64 km barat daya Munich, Jerman. Biara ini adalah biara tertua dan salah satu biara terindah di Bavaria Hulu.[1] Biara ini rusak parah di sebuah peristiwa cuaca ekstrem pada tahun 2023.

Pendirian Biara Benediktin Pertama[sunting | sunting sumber]

Biara tersebut, yang didedikasikan kepada para Santo Yakobus dan Benediktus, didirikan pada sekitar tahun 739/740 sebagai biara Benediktin oleh para anggota Huosi, sebuah Bangsawan Bavaria klan, yang juga menyediakan tiga bersaudara yang melayani satu demi satu sebagai tiga kepala biara pertama, yang secara tradisional disebut sebagai Lanfrid, Waldram (atau Wulfram), dan Eliland, selama hampir satu abad. Ada kemungkinan bahwa Santo Bonifasius mempunyai keterlibatan dalam yayasan; dia mungkin telah menguduskan gereja (kepada Tritunggal Mahakudus),[2][3] meskipun hal ini tidak diterima secara luas .[4] Di sini terdapat aliran menulis, yang karyanya bertahan dalam bentuk banyak kodeks dari abad ke-8 dan ke-9.

Pada tahun 955 biara ini dihancurkan oleh bangsa Hongaria.[5] Biara ini dipulihkan pada tahun 969 oleh Wolfold, seorang pastor, sebagai rumah kanon.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Benediktbeuern Abbey", Religiana
  2. ^ Maß, Josef (2005). "Der hl. Bonifatius und das Bistum Freising". Beiträge zur altbayerischen Kirchengeschichte. 48: 9–27. 
  3. ^ Bauerreiss 4-6.
  4. ^ Hemmerle 85-86
  5. ^ Kadang-kadang diberikan tanggal alternatif yaitu tahun 973.