Bhartṛhari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bhartṛhari (Devanagari: भर्तृहरि; juga diromanisasi sebagai Bhartrihari; fl. kira-kira abad ke-5) adalah filsuf linguistik Hindu[1] kepada siapa biasanya dianggap berasal dari dua teks Sansekerta yang berpengaruh:

  • Trikāṇḍī (termasuk Vākyapadīya), tentang tata bahasa Sansekerta dan filsafat linguistik, sebuah teks dasar dalam tradisi tata bahasa India, yang menjelaskan berbagai teori tentang kata dan kalimat, termasuk teori yang kemudian dikenal dengan nama Sphoṭa; dalam karya ini Bhartrhari juga membahas masalah logika seperti paradoks pembohong dan paradoks tidak dapat disebut namanya atau ketidakbermaknaan yang kemudian dikenal dengan paradoks Bhartrhari, dan
  • Śatakatraya, sebuah karya puisi Sansekerta, terdiri dari tiga kumpulan yang masing-masing terdiri dari sekitar 100 bait; mungkin ditulis atau tidak oleh penulis yang sama yang menyusun kedua karya tata bahasa tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cornille, Catherine (2020-06-08). The Wiley-Blackwell Companion to Inter-Religious Dialogue (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. hlm. 199. ISBN 978-1-119-57259-6. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]