Bharatiya Jnanpith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bharatiya Jnanpith, sebuah organisasi sastra dan riset, didirikan pada 18 Februari 1944 [1][2] oleh Sahu Shanti Prasad Jain dari keluarga Sahu Jain dan istrinya Rama Jain untuk memberikan riset sistematis dan publikasi teks-teks Sansekerta, Prakrit, Pali dan Apabhramsha dan menyoroti subyek-subyek seperti agama, filsafat, logika, etika, tata bahasa, astrologi dan puisi.[1]

Program riset dan publikasinya dimulai dengan publikasi teks-teks Dhavala. Sebuah kuil Jain di Moodabidri, Karnataka, selatan India, telah menyimpan manuskrip daun palemnya selama berabad-abad. Manuskrip tersebut meliputi sebuah komentar abad ke-9 dalam bahasa Prakrit dan Sansekerta, dari sebuah karya abad ke-2 Masehi, Satkhandagama, dalam bahasa Prakrit tentang doktrin Jain tentang karma.

Organisasi tersebut telah menerbitkan dua serial teks:

  1. Moortidevi Granthmala
  2. Lokodaya Granthmala
Para juri Penghargaan Moortidevi

Organisasi tersebut setiap tahun menerbitkan ratusan buku dalam bahasa Hindi (baik karya asli maupun terjemahan) dan bahasa lainnya, dan juga mempersembahkan penghargaan sastra tertinggi di India, Penghargaan Jnanpith dan Penghargaan Moortidevi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b jnanpith.net Archived October 13, 2007, di Wayback Machine., Bhartiya Jnanpith Official website
  2. ^ Encyclopaedia of Indian literature vol. 1, p. 298 1987, Sahitya Akademi, ISBN 81-260-1803-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]