Betrayal at House on the Hill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Betrayal at House on the Hill
ProdusenAvalon Hill
Perancang
Ilustrator
PenerbitAvalon Hill
Tanggal publikasi
  • 2004; 20 tahun lalu (2004) (edisi pertama)
  • 5 Oktober 2010; 13 tahun lalu (2010-10-05) (edisi kedua)
Tahun aktif2004–sekarang
Genre
  • Petualangan
  • Eksplorasi
  • Horor
Bahasabahasa Inggris
Jumlah pemain3 s/d 6 orang
Waktu persiapan< 5 menit
Waktu permainan30 menit s/d 2 jam
Kesempatan acakMedium
Keterampilan yang dibutuhkanBermain dalam tim
Tipe mediaPermainan papan
Websiteavalonhill.wizards.com/games/betrayal-at-house-on-the-hill

Betrayal at House on the Hill adalah permainan papan yang diterbitkan oleh Avalon Hill pada 2004, dirancang oleh Bruce Glassco dan dikembangkan oleh Rob Daviau, Bill McQuillan, Mike Selinker, dan Teeuwynn Woodruff.[1] Semua pemain semula bermain sebagai sekelompok orang yang menjelajahi rumah berhantu yang penuh dengan bahaya, perangkap, barang, dan pertanda buruk. Saat pemain melakukan perjalanan ke bagian baru rumah tersebut, sepetak kamar dipilih secara acak dan ditempatkan di papan permainan; hal ini menghasilkan tata ruang permainan yang berbeda di setiap sesi. Di saat di mana "haunt" dimulai, dengan sifat dan alur cerita horor dari sesi ini terungkap; satu pemain biasanya "mengkhianati" pemain lain dan mengambil peran hantu, monster, atau musuh lainnya, sementara pemain yang tersisa bekerja sama untuk mengalahkannya.

Tata main[sunting | sunting sumber]

Betrayal terdiri dari setumpuk petak kamar (terdiri dari lantai atas, lantai dasar, dan rubanah); tiga set kartu untuk Item, Event, dan Omen; enam pelat karakter yang berbeda, dan sejumlah kepingan (token) untuk mewakili pemain dan beragam monster atau benda. Setiap pelat karakter memiliki dua karakter yang berbeda dapat dimainkan meskipun diwakili oleh token yang sama di atas papan, dan masing-masing karakter memiliki 4 meteran yang digunakan untuk mencatat skor Might, Speed, Knowledge, dan Sanity yang berlaku di karakter dengan posisi awal yang ditandai untuk masing-masing. Meteran ini tidak linier; kehilangan satu titik Might, misalnya, mungkin tidak mengubah nilai Might yang sebenarnya tetapi masih membuat pemain selangkah lebih dekat ke kematian. Permainan ini juga menyertakan delapan dadu khusus yang hanya memiliki 0, 1, atau 2 titik di setiap sisi.

Permainan ini terdiri dari dua fase, fase awal Exploration dan fase Haunt. Di awal permainan, setiap pemain memilih karakter dan menetapkan meteran pada nilai awal. "Rumah" dimulai dengan lantai dasar, atas, dan bawah tanah yang ditempatkan di meja permainan secara terpisah; lantai dasar dan atas langsung dihubungkan oleh sebuah tangga, sedangkan lantai bawah tetap tidak terhubung sampai petak kamar tertentu, kartu Event, atau tindakan lain memungkinkannya untuk terhubung. Pada setiap giliran, pemain dapat bergerak melalui sejumlah kamar yang setara dengan Speed yang mereka miliki. Jika pemain masuk melalui pintu yang belum ditentukan ruangnya, mereka menarik petak kamar dari tumpukan sampai mereka menarik petak yang cocok dengan lantai di mana mereka berada. Petak tersebut ditempatkan sedemikian rupa agar sesuai dengan pintu di mana mereka masuk ruangan, atau jika memungkinkan juga dengan kamar yang berdekatan. Jika ada ikon Event, Item, atau Omen pada petak yang baru ditempatkan, pemain menarik satu kartu sesuai dengan jenisnya dan mengikuti instruksinya. Kartu Event sering kali mengharuskan pemain untuk mengocok dadu menggunakan salah satu keahlian mereka untuk menghindari kerugian atau mendapatkan keuntungan. Kartu Item menyediakan peralatan yang dapat digunakan pemain, dijatuhkan, dan ditukar dengan pemain lain. Kartu Omen juga umumnya menyediakan item, tetapi dengan satu syarat - setelah mengeluarkan kartu Omen, pemain tersebut harus melempar enam dadu, dan jika hasilnya lebih rendah dari jumlah kartu Omen yang telah ditarik, fase Haunt dimulai. Kecuali ditentukan lain, menarik kartu dan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi kartu akan otomatis mengakhiri giliran pemain. Jika tidak, pemain dapat terus bergerak melalui kamar lain; ikon untuk kartu di kamar yang sudah dijelajahi dapat diabaikan. Beberapa petak kamar memiliki perintah khusus yang harus diikuti ketika melintas atau mencoba keluar dari ruangan, seperti menggunakan keahlian tertentu untuk keluar dari ruangan tanpa mengalami kerugian.

Begitu seorang pemain telah memicu fase Haunt, tabel khusus dalam buku aturan permainan akan digunakan untuk menentukan skenario Haunt mana yang digunakan berdasarkan di ruangan mana dan kartu Omen apa yang memicu Haunt, dan siapa yang akan menjadi "pengkhianat" ("traitor"); meskipun sering kali pengkhianat tersebut adalah orang yang memicu Haunt, dalam beberapa skenario, sang pengkhianat mungkin saja pemain lain. Pada titik ini, pemain yang menjadi pengkhianat meninggalkan ruangan; ia membaca syarat kemenangan dan aturan Haunt spesifik mereka dari satu buku, sementara pemain lain membaca aturan dan syarat kemenangan mereka dari buku yang lain dan mendiskusikan rencana untuk menghadapi sang pengkhianat. Skenario Haunt banyak disusun berdasarkan beragam kisah horor populer, seperti zombie, kanibal, naga, vampir, hantu, dll. Beberapa aturan memungkinkan pengkhianat untuk mengkonversi pemain lain menjadi pengkhianat juga (seperti mengubah pemain menjadi sesama manusia serigala). Tujuan persisnya untuk setiap pemain lain dan pengkhianat akan berbeda untuk setiap Haunt yang dapat dimainkan; kedua pihak tidak dipaksa untuk mengungkapkan kemampuan baru atau syarat kemenangan mereka, tetapi mereka harus secara eksplisit menyatakan tindakan atau gerakan apa yang mereka lakukan dalam permainan kepada pemain lain.

Setelah pengkhianat bergabung kembali dengan para pemain, permainan dilanjutkan mirip dengan fase Exploration, kecuali bahwa semua pengkhianat bermain di giliran terakhir, setelah pemain lain telah bergerak. Selain menjelajahi ruangan baru, setiap pemain sekarang dapat menyerang pengkhianat atau makhluk lain yang dapat mereka kendalikan, dan sebaliknya. Setiap damage atau dampak di sini umumnya mengharuskan pemain untuk memindahkan posisi meteran mereka ke bawah sejumlah beberapa langkah tergantung pada selisih dari hasil pertempuran. Kematian umumnya terjadi ketika salah satu karakter meteran pemain turun ke posisi terendah, tetapi skenario Haunt dapat mengubah aturan tentang ini. Permainan berakhir ketika salah satu dari kubu pemain atau pengkhianat telah mencapai tujuan kemenangan mereka. Permainan ini memiliki 50 skenario Haunt yang dapat dimainkan, sehingga dapat dimainkan berulang-ulang.

Versi[sunting | sunting sumber]

Beragam ralat, untuk mengatasi aturan yang tidak jelas atau belum ditentukan, kini telah tersedia secara bebas.[2][3][4] Edisi pertama tidak lagi dicetak,[5] dan edisi kedua dirilis pada 5 Oktober 2010.[6] Versi permainan yang bertemakan Dungeons & Dragons, berjudul Betrayal at Baldur's Gate, diumumkan pada 3 Juni 2017, dan dirilis pada 6 Oktober 2017. Pada 17 November 2017, versi "legacy" dari Betrayal, berjudul Betrayal Legacy, diumumkan untuk dirilis pada kuartal keempat 2018, menampilkan sebuah prolog dan kisah dengan 13 bab yang terjadi dalam beberapa dekade berbeda. Versi ini dirilis pada 9 November 2018.[7][8]

Ekspansi[sunting | sunting sumber]

Pada 20 April 2016, diumumkan bahwa Betrayal at House on the Hill akan mendapat ekspansi pertamanya, berjudul Widow's Walk, pada 14 Oktober 2016.[9][10][11][12][13] Ekspansi ini menambahkan 20 petak kamar baru, menciptakan lantai tambahan (atap) untuk tata main, ditambah 30 kartu baru dan 50 skenario Haunt baru.[10] Ekspansi ini dirancang oleh Mike Selinker, yang merupakan pengembang pada versi asli Betrayal, serta Elisa Teague dan Liz Spanyol [14] Beberapa tokoh terkenal juga berkontribusi pada ekspansi ini, seperti pengembang game Zoë Quinn, animator dan penulis Pendleton Ward, dan Max Temkin yang mempopulerkan Cards Against Humanity.[15]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

David M. Ewalt mengomentari versi 2010: "Permainan papan bertema horor yang berbeda setiap kali Anda mainkan. Para pemain menjelajahi rumah berhantu sampai salah seorang menjadi gila dan mencoba membunuh teman-teman mereka. Skenario yang acak dan rahasia memberikan alur cerita yang mengejutkan dan peraturan yang berbeda untuk sang pembunuh di setiap permainan. Sangat menyenangkan, terutama jika Anda adalah sang pengkhianat pembunuh." [16] Ikut menelaah edisi kedua, Michael Harrison dari Wired.com mengatakan dia menikmati permainan tetapi menemukan bahwa beberapa aturan dapat dieksploitasi untuk merusak permainan.[17]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Betrayal at House on the Hill memenangkan Gamers' Choice Award 2004 untuk kategori Permainan Papan Terbaik.[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Betrayal at House on the Hill". BoardGameGeek. Diakses tanggal 2017-02-12. 
  2. ^ "Betrayal rules updates" (Zip). Wizards of the Coast. 
  3. ^ "Survivor's Guide errata" (PDF). Wizards of the Coast. 
  4. ^ "Traitor's Guide errata" (PDF). Wizards of the Coast. 
  5. ^ "Betrayal at House on the Hill" (edisi ke-First). Wizards of the Coast. Diakses tanggal 2014-03-04. 
  6. ^ "Betrayal at House on the Hill" (edisi ke-Second). Wizards of the Coast. Diakses tanggal 2010-07-20. 
  7. ^ Wells, Adam (19 November 2017). "Betrayal Legacy Announced For Next Year". Kotaku. Kotaku Australia. Diakses tanggal 20 November 2017. 
  8. ^ Burbidge, Greg. "Wizards of the Coast and Rob Daviau announce Betrayal Legacy". Dice Tower News. Diakses tanggal 21 November 2017. 
  9. ^ "AVALON HILL - BETRAYAL AT HOUSE ON THE HILL - WIDOW'S WALK". Wizards of the Coast. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-20. Diakses tanggal 2016-04-21. 
  10. ^ a b "Betrayal at House on the Hill is finally getting its first ever expansion". Gizmodo. Diakses tanggal 2016-04-21. 
  11. ^ "Betrayal at the House on the Hill gets a terrifying new expansion". Geek and Sundry. Diakses tanggal 2016-04-21. 
  12. ^ "The First Official Expansion for Betrayal at House on the Hill: Widow's Walk". GeekDad. Diakses tanggal 2016-04-21. 
  13. ^ "Widow's Walk". Wizards Play Network. Wizards of the Coast. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-05. Diakses tanggal 2016-09-10. 
  14. ^ "Betrayal at House on the Hill: Widow's Walk". BoardGameGeek. Diakses tanggal 2018-05-19. 
  15. ^ "Widow's Walk Info". Avalon Hill. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-05. Diakses tanggal 2017-02-12. 
  16. ^ Ewalt, David (2011-05-18). "Betrayal At House On The Hill Is Killer Fun". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-06. Diakses tanggal 2017-02-12. 
  17. ^ Harrison, Michael (2010-10-31). "Beware the Betrayal at House on the Hill". Wired.com. Diakses tanggal 2017-09-14. 
  18. ^ "Origins Award Winners (2004)". Academy of Adventure Gaming Arts & Design. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-06. Diakses tanggal 2007-11-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]