Berontak Zine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brontak Zine adalah sebuah situs web berformat majalah underground yang memberi informasi tentang band-band punk, metal dan hardcore. Majalah web ini berasal dari Medan, Indonesia dan muncul pertama kali tahun 1998/1999 dalam format fanzine.

Berasal dari sebuah aksi punk di Medan, Brontak Zine mengeluarkan edisi-edisinya dan pada tahun 2000 berkembang dengan mengeluarkan versi online yang waktu itu masih menggunakan pelayanan gratis dari Tripod dan Geocities. Pada 2003, Brontak Zine berubah alamat domain dengan menggunakan ".com."

Brontak Zine tidak hanya dikenal publik Indonesia, label-label seperti Victory Records (Amerika), Spinefarm Records (Finlandia), Undercover Records (Jerman) dan The End Records aktif mengirim rilisan-rilisan CD mereka untuk dikomentari atau diulas.

Brontak Zine dijalankan oleh Roy Romero. Beberapa berita yang ada di web diberitakan kembali oleh media cetak dan review yang diberi juga bersifat objektif mengantar situs ini menjadi salah satu situs majalah online musik underground yang dikenal di dunia.

Dalam pergerakannya, website dengan domain brontakzine.com akhirnya harus berpindah tangan dan beberapa hari kemudian pada tanggal 15 April 2007 Brontak Zine berpindah alamat ke domain baru yang kini lebih dikenal dengan berontakzine.com.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]