Beronjong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanah yang diperkuat dengan beronjong yang mendukung jalan multijalur
Beronjong sebagai pelindung sinar X pada saat pemeriksaan pabean

Beronjong (dari bahasa Jawa , bronjong) adalah sebuah sangkar, silinder atau kotak berisi batu, beton, atau terkadang pasir dan tanah untuk digunakan dalam teknik sipil, pembangunan jalan, aplikasi militer dan bentang lahan.

Untuk pengendalian erosi, batu gili-gili dapat ditempatkan pada beronjong. Untuk bendungan atau konstruksi pondasi, struktur logam silinder digunakan. Dalam konteks militer, beronjong berisi tanah atau pasir digunakan untuk melindungi pencari ranjau, infanteri, dan artileri dari tembakan musuh.

Variasi dalam desain[sunting | sunting sumber]

Ada berbagai desain beronjong khusus untuk memenuhi persyaratan fungsional tertentu dan beberapa istilah khusus untuk bentuk tertentu telah mulai digunakan. Misalnya: [1]

  • Bastion: beronjong yang bagian dalamnya dilapisi dengan membran, biasanya terbuat dari geotekstil bukan tenunan untuk memungkinkan penggunaan bahan pengisi tanah granular, sebagai pengganti batu.
  • Matras : suatu bentuk beronjong yang tingginya pendek dibandingkan dengan dimensi lateral; umumnya sangat luas. Untuk melindungi permukaan dari erosi gelombang dan serangan serupa, daripada membangun atau menopang struktur tinggi.[2]
  • Trapion: suatu bentuk beronjong dengan penampang trapesium, dirancang untuk ditumpuk untuk memberikan permukaan yang miring dan bukan berundak. Istilah ini digunakan secara luas, tetapi setidaknya dalam konteks yang berkaitan dengan beronjong, tampaknya merupakan merek dagang yang didaftarkan oleh Betafence Limited.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ridgeway-online.com[pranala nonaktif]
  2. ^ Gabion Wall