Berkik penyendiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik penyendiri
Gallinago solitaria

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693075
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago solitaria
Hodgson, 1831
Distribusi
EndemikTso Lhamo Cold Desert Conservation Area, Namdapha National Park dan Sela Pass

Berkik penyendiri ( Gallinago solitaria ) adalah perandai kecil yang gempal . Ia dijumpai di Palearktika dari timur laut Iran ke Jepang dan Korea.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah berkik yang besar dan dengan badan kekar dan kaki relatif pendek untuk seekor perandak. Bagian atas, kepala, dan lehernya bergaris-garis dan bermotif garis-garis coklat sedang dan pinggiran bulu berwarna keputihan membentuk garis-garis di punggungnya. Wajahnya berwarna keputihan. Dadanya berwarna coklat jahe dan perutnya berwarna putih dengan garis coklat di bagian panggul. Paruh berwarna coklat dan hitam panjang, lurus dan cukup ramping. Tungkai dan kakinya berwarna kekuningan-zaitun hingga coklat kekuningan. Semua bulu serupa, tetapi betina rata-rata lebih besar.

Ada dua subspesies yang sangat mirip. Nominasikan G. s. solitaria sangat tersebar luas. Daerah perkembangbiakan G. s. japonica, yang lebih kaya warna merah dan lebih sedikit warna putih di atasnya, tidak diketahui, tetapi saat ini sedang musim dingin di Jepang.

Berkik penyendiri membuat panggilan kensh yang serak saat lepas landas, dan memiliki panggilan chok-a-chok-a yang jauh saat ditampilkan.

Berkik penyendiri memiliki penerbangan yang relatif lambat dan berat.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Berkik penyendiri berkembang biak secara terputus-putus di pegunungan Asia timur, di Rusia timur, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Mongolia. Banyak burung yang menetap di pegunungan tinggi, atau hanya bergerak menuruni bukit saat cuaca buruk, namun ada pula yang bermigrasi, musim dingin di timur laut Iran, Pakistan, India utara, Bangladesh, Tiongkok timur, Korea, Jepang, dan Sakhalin .[2]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Berkik ini berkembang biak di rawa pegunungan dan lembah sungai di atas garis hutan, biasanya pada ketinggian 2.400 m hingga 5.000 m. Hal ini sering ditemukan di rawa-rawa serupa dan rawa-rawa di dataran rendah saat tidak berkembang biak atau bermigrasi.

Berkik penyendiri membangun sarang rumput kering berbentuk piring di area yang lebih kering di lahan basah perkembangbiakannya. Sarangnya tersembunyi di balik rerumputan atau alang-alang yang lebat.

Burung ini mempunyai penampilan di udara, yaitu terbang tinggi dalam lingkaran, diikuti dengan gerakan membungkuk yang kuat di mana burung tersebut mengeluarkan suara " drum ", yang disebabkan oleh getaran bulu ekor luar yang dimodifikasi.

Berkik penyendiri mencari makan dengan mendorong paruh panjangnya jauh ke dalam lumpur untuk mencari invertebrata, seperti serangga dan cacing, biji-bijian dan tumbuhan. Ia cukup mudah didekati, namun jika khawatir, ia akan berjongkok, dan bulu samarnya memberikan kamuflase yang efektif ketika burung itu berdiri tak bergerak di antara tumbuhan rawa. Ketika memerah, ia jatuh kembali ke rawa setelah penerbangan singkat yang lambat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago solitaria". 2016: e.T22693075A93382331. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693075A93382331.en. 
  2. ^ "Gallinago solitaria (Solitary Snipe) - Avibase". avibase.bsc-eoc.org. Diakses tanggal 2017-07-10.