Lompat ke isi

Berkas cegar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas cegar
Ekstensi berkas.torrent
Jenis MIMEapplication/x-bittorrent
StandarBEP-0003 (v1),[1] BEP-0052 (v2)[2]

Dalam sistem distribusi file BitTorrent, berkas cegar atau berkas infometa adalah berkas komputer yang berisi metadata tentang berkas dan map yang akan didistribusikan, dan biasanya juga daftar lokasi jaringan pelacak, yaitu komputer yang membantu peserta dalam sistem menemukan satu sama lain dan membentuk kelompok distribusi yang efisien yang disebut keriapan . [3] Berkas cegar biasanya diberi nama dengan ekstensi .torrent .

Berkas cegar bertindak seperti daftar isi (indeks) yang memungkinkan komputer menemukan informasi melalui penggunaan klien BitTorrent. Dengan bantuan berkas cegar, seseorang dapat mengunduh sebagian kecil dari berkas asli dari komputer yang telah mengunduhnya. "Rekan" ini memungkinkan pengunduhan berkas sebagai tambahan, atau sebagai pengganti, peladen utama . Berkas cegar tidak berisi konten yang akan didistribusikan; itu hanya berisi informasi tentang berkas tersebut, seperti nama, struktur map, ukuran, dan nilai pineta kriptografi untuk memverifikasi integritas file.

Sistem BitTorrent telah diciptakan untuk meringankan beban pada peladen pusat, karena alih-alih meminta klien individual mengambil berkas dari peladen, BitTorrent dapat melakukan urun daya lebar pita yang diperlukan untuk transfer berkas dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengunduh berkas besar. Banyak tataolah dan sistem operasi gratis/perangkat lunak gratis, seperti berbagai distribusi Linux menawarkan opsi pengunduhan cegar bagi pengguna yang mencari manfaat yang disebutkan di atas. Unduhan besar lainnya, seperti berkas media, sering kali juga dicegarkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama bep0003
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BEP0052
  3. ^ "BEP-0003: The BitTorrent Protocol Specification". Bittorrent.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-26. Diakses tanggal 2009-10-22.