Berkas:Pangeran H A Wantjik Kedaton.jpeg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ukuran asli(720 × 1.280 piksel, ukuran berkas: 49 KB, tipe MIME: image/jpeg)

[1]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Sumber dari keluarga Pangeran H.A Wantjik bin Depati Agustjik Kertamenggale bin Pangeran Pekir Puspawijaye , beliau adalah pangeran terakhir Marga Ngabehi IV yang berpusat di Kedaton, Kedaton Peninjauan Raya, Ogan Komering Ulu. Pesirah yang membawa masa kejayaan bagi Ogan Kedaton.

Bagi masyarakat Kedaton, Pangeran H.A. Wantjik telah memberikan banyak sumbangsih kemajuan dan kesejahteraan bagi anggota marganya. Salah satunya pembangunan jembatan-jembatan gantung, masjid dan perumahan penduduk, kebijakan pemerataan kas marga dan pemeliharaan adat budaya Ogan.

Masa kejayaan beliau berakhir setelah dikeluarkannya UU Desa dan Surat Keputusan (SK) Gubernur No. 142 /III/KPS/1983 yang menghapuskan pemerintahan Marga-marga di Sumatera Selatan. Meski ia tidak lagi menjadi seorang pesirah/pangeran, namun namanya selalu dikenang di hati masyarakat Ogan Ngabehi IV.

  1. ^ admin (2021-09-21). "Pedati Pangeran Haji Wancik Asal Kedaton OKU Sudah Siap Sambut Pengunjung Museum Negeri Sumsel". INVESTIGASI BHAYANGKARA INDONESIA. Diakses tanggal 2024-03-27. 

Riwayat berkas

Klik pada tanggal/waktu untuk melihat berkas ini pada saat tersebut.

Tanggal/WaktuMiniaturDimensiPenggunaKomentar
terkini14 Januari 2023 00.23Miniatur versi sejak 14 Januari 2023 00.23720 × 1.280 (49 KB)Ogantulin (bicara | kontrib)Sumber dari keluarga Pangeran H.A Wantjik, beliau adalah pangeran terakhir Marga Ngabehi IV yang berpusat di Kedaton, Kedaton Peninjauan Raya, Ogan Komering Ulu. Pesirah yang membawa masa kejayaan bagi Ogan Kedaton

Halaman berikut menggunakan berkas ini: