Bercinta (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bercinta
SutradaraGanes TH
ProduserBenny Bariguna
PemeranRichie Ricardo
Enny Beatrice
Chris Salam
Rani Soraya
Eddy Pur
SinematograferYan Mayar
PenyuntingM. Yusuf MS
DistributorCentral Graha Utama Film
Tanggal rilis
1985
Durasi78 menit
NegaraIndonesia

Bercinta adalah sebuah film Indonesia dirilis tahun 1985 yang disutradarai oleh Ganes TH serta dibintangi oleh Richie Ricardo dan Enny Beatrice.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Yudistira (Richie Ricardo) seorang pemuda yang tampan dan banyak disukai gadis, ia memanfaatkan betul kelebihannya itu. Dua sahabatnya mempunyai sifat lain. Rengga (Chris Salam) pemuja Ramboo dan jago naik motor serta karate. Boni (Eddy Pur), bertampang bloon, miskin dan berpindah-pindah kos. Kerena Rengga dan Boni diusir dari tempat kosnya, mereka diajak tinggal di tempat Yudis, yang sedang mendapat tugas menunggu rumah pamannya yang sedang ke luar negeri. Di tempat itu datang juga anak kawan pamannya, Tari (Rani Soraya). Yudis yang playboy perlahan-lahan takluk oleh tari, begitu juga sebaliknya. Rengga yang sempat menolong Tari waktu dicopet dompetnya sebelum pindah ke rumah Yudis, juga jatuh cinta, tetapi ia mundur ketika melihat hubungan sahabatnya itu sudah erat. Bahkan ketika ada salah paham antara Yudis dan tari yang membuat Tari pergi dari rumah itu, Renggalah yang mendamaikan.

Rani (Enny Beatrice) seorang gadis cantik yang sedang mekar-mekarnya, meninggal secara mendadak akibat sengatan listrik dari kabel yang terputus. Sebelum meninggal, ia berkenalan dengan seorang pemuda yang dicintainya. (Richie Ricardo), pemuda yang suka iseng main jelangkung. Suatu ketika, Rani yang sudah meninggal itu datang menemui pemuda yang dicintainya. Hubungan merekapun berlanjut, karena arwah Rani bisa tampak oleh mata pemuda yang dicintainya. Kelucuan-kelucuan pun terjadi, karena arwah Rani berbuat baik yaitu membela para tetangga yang rumahnya tergusur oleh pembangunan proyek. Akhirnya, lingkungan yang terganggu arwah genit Rani kembali tenang, setelah didoakan untuk mengantar ke tempat yang layak.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Richie Ricardo - Yudistira
  • Chris Salam - Rengga
  • Eddy Pur - Boni
  • Rani Soraya - Tari
  • Enny Beatrice - Rani

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bercinta[pranala nonaktif permanen], diakses pada 9 Januari 2011

Pranala luar[sunting | sunting sumber]