Benny Susetyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pastor Antonius Benny Susetyo, Pr
GerejaGereja Katolik Roma
Keuskupan agungKeuskupan Agung Semarang (1990)
KeuskupanKeuskupan Malang (sampai-1990)
Jabatan lain
Informasi pribadi
Nama lahirBenny Susetyo
Lahir(1968-10-10)10 Oktober 1968
Malang, Jawa Timur
Kewarganegaraan Indonesia
DenominasiKatolik Roma
Alma materSekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang

Pastor Antonius Benny Susetyo, Pr[1] (lahir di Malang, Jawa Timur, 10 Oktober 1968; umur 51 tahun) adalah pastor Indonesia.

Dilahirkan di kota Apel Malang pada 10 Oktober 1968, Alumni Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang tahun 1996, ini seorang pastor muda pengusung gerakan moral bangsa. Rommo Benny tak kenal lelah mengadvokasi masyarakat lemah, korban bencana dan korban kekerasan, ini juga ikut memajukan Pusat Studi dan Pengembangan Kebudayaan (PUSPeK).

Pastor Benny ditugaskan oleh KWI "Konferensi Waligereja Indonesia" Aktivisme Romo Benny dimulai saat ia ditempatkan di paroki Situbondo. Penempatan Benny di Paroki Situbondo hanya berselang sepekan setelah terjadinya kerusuhan hebat di kota santri di kawasan tapal kuda ini. Sedikitnya selusin gereja dibakar habis, termasuk Gereja Katolik Situbondo. Romo Benny, yang baru beberapa hari ditahbiskan menjadi pastor, diamanatkan oleh Uskup Malang Mgr HJS Pandoyoputro, OCarm untuk 'membangun persaudaraan sejati' dengan para tokoh dan kaum muslim di Situbondo dan Bondowoso. Penugasan ini membuatnya punya banyak pengalaman baru bertemu dengan para kiai, dan berkunjung ke beberapa pesantren. Dia pun menggelar sejumlah acara bersama KH Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001) Abdurrahman Wahid (Presiden Republik Indonesia Keempat (1999-2001)

Gus Dur)

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]