Belitang Mulya, Ogan Komering Ulu Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belitang Mulya
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Selatan
KabupatenOgan Komering Ulu Timur
Kode Kemendagri16.08.19
Kode BPS1609081
Desa/kelurahan12 Desa

Belitang Mulya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Indonesia.[1][2] Daerah ini berbatasan dengan Kecamatan Belitang III, Kecamatan Semendawai Suku III, dan Kecamatan Belitang II.

Kecamatan ini berada sekitar 185 Km dari Kota Palembang, dan berjarak sekitar 60 KM dari Kota Martapura, yang merupakan ibukota kabupaten OKU Timur.

Belitang Mulya terdiri dari 12 Desa yaitu :[3]

  1. Petanggan
  2. Sariguna
  3. Sidowaluyo
  4. Sugihwaras
  5. Rejosari
  6. Purwodadi
  7. Srimulyo
  8. Ulak Buntar
  9. Sribudaya
  10. Sukoharjo
  11. Tulung Sari
  12. Mulya Sari

Daerah ini memiliki potensi yang hampir sama dengan daerah kecamatan disekitarnya, selain memiliki potensi pertanian sawah irigasi yang merupakan sektor utama, Belitang Mulya juga memiliki potensi perkebunan karet, sawit, tebu, dan juga peternakan mandiri.

Selain itu, potensi perdagangan di wilayah Belitang Mulya juga cukup besar, mengingat jumlah penduduk yang besar ditambah potensi pertanian dan perdagangan yang selalu hidup sepanjang tahun, daerah ini jadi primadona bagi pedagang dari kota Palembang dan Bandar Lampung untuk memasarkan aneka produk.

Dan tentu saja, sebagai akibat dari multiplier economy effect daerah ini juga diramaikan oleh sektor perbankan, jaringan ritel minimarket, leasing hotel, hingga jasa asuransi dan penyelenggara umroh dan haji.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  2. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  3. ^ "Daftar Kelurahan dan Desa | Ogan Komering Ulu Timur". Diakses tanggal 2020-03-24. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

catatan: URL sewaktu-waktu dapat berubah/hilang. Bila URL tidak aktif, mohon dihapus dari daftar.