Belalang kosher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belalang kosher

Belalang merah

Teks Halakha yang terkait artikel ini:
Taurat: Imamat 11:22
Mishnah: Hullin 59a
Talmud Babel: Hullin 65a-66b dan Avodah Zarah 37a
Shulchan Aruch: Yoreh De'ah 85
Kode-kode rabbinik lain: Exodus Rabbah 13:7
* Tidak dimaksudkan sebagai suatu Posek (aturan definitif). Sejumlah pelaksanaan mungkin berdasarkan sastra rabbinik, minhag (kebiasaan) atau Taurat.

Belalang kosher adalah beragam belalang yang diperbolehkan untuk disantap di bawah hukum kashrut (hukum pantang Yahudi). Meskipun kebanyakan serangga dilarang disantap di bawah hukum dkashrut, para rabbi Talmud mengidentifikasikan empat spesies belalang kosher. Namun, identitas spesies-spesies tersebut dipersengketakan.[1]

Taurat[sunting | sunting sumber]

Taurat menyatakan dalam Shemini (Imamat 11:21-22),:

Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah. Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang (arbeh) menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar (salʿam) menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit (ḥargol) menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi (ḥagav) menurut jenisnya.[2]Imamat 11:21–22

Moshav Elifelet dikenal karena memproduksi belalang-belalang pangan untuk pemakaian kuliner.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abramowitz, Jack. "Knee-High to a Grasshopper: The obligation to examine locusts for signs of being kosher". OU.org. Diakses tanggal March 20, 2013. 
  2. ^ Amar 2002.
  3. ^ Ben Zion, Ilan (27 December 2017). "Are the Fried Locusts in My Taco Kosher?". The Forward. Diakses tanggal 11 November 2018. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kashrut