Lompat ke isi

Bekut ulir-coklat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bekut ulir-coklat
Stonogobiops nematodes Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN193103 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoGobiiformes
FamiliGobiidae
GenusStonogobiops
SpesiesStonogobiops nematodes Edit nilai pada Wikidata

Nematoda Stonogobiops, bekut ulir-coklat adalah spesies ikan goby laut asli Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian barat dari Seychelles hingga Filipina dan Bali .

Fitur fisik[sunting | sunting sumber]

Ikan dewasa dapat tumbuh hingga 6 sentimeter (2,4 in) panjangnya, dengan sirip punggung runcing yang mencolok menjadi lebih terangkat dan menonjol saat dewasa. Sirip memanjang ini merupakan ciri pembeda yang paling jelas antara bekut ulir-coklat dan sepupu dekatnya, ikan bekut moncong-kuning ( S. Xanthorhinica ). Ikan ini diwarnai dengan empat garis coklat diagonal di seluruh tubuh berwarna putih, dan kepala berwarna kuning yang khas.

Hampir mustahil bagi siapa pun yang bukan ahli di bidang spesifik jenis ikan ini untuk membedakan perbedaan antara ikan jantan dan betina.

Lingkungan alami[sunting | sunting sumber]

Ikan bekut ini mendiami dasar berpasir atau puing-puing pasir yang berdekatan dengan terumbu pada kedalaman 15 hingga 25 meter (49 hingga 82 ft) . Ini adalah salah satu dari beberapa spesies yang membentuk hubungan komensal dengan udang pistol Randall ( Alpheus randalli ).

Referensi[sunting | sunting sumber]