Bazar de la Charité

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Duchess of Alençon, née Duchess Sophie di Bavaria,
foto diambil pada tahun 1895

Bazar de la Charité adalah acara amal tahunan yang diselenggarakan oleh aristokrasi Katolik Prancis di Paris yang dimulai pada tahun 1885, ketika pertama kali diselenggarakan oleh orang Inggris Henry Blount, putra bankir Sir Edward Blount, seorang pemodal perusahaan kereta api di Prancis . Bazar diadakan di berbagai lokasi oleh konsorsium organisasi amal yang berbagi biaya sewa, bertindak untuk mengurangi biaya dan mengelompokkan pembeli potensial.

Bazar de la Charité 1897 menjadi terkenal karena kebakaran yang merenggut 126 nyawa, banyak di antaranya adalah wanita bangsawan terkemuka, termasuk Sophie Charlotte, Duchess of Alençon.

Kebakaran 1897[sunting | sunting sumber]

Interior, sebelum kebakaran
Setelah kebakaran

Pada tahun 1897, Bazar berlokasi di Arondisemen ke-8 Paris di 17 Rue Jean-Goujon, di dalam gudang kayu besar yang telah disusun kembali oleh penyelenggara menjadi jalan abad pertengahan dengan menggunakan kayu yang dicat, karton, kain, dan papier-mache. Salah satu atraksi utama Bazar, yang dijadwalkan pada tanggal 3 hingga 6 Mei, adalah instalasi sinematograf yang difungsikan dengan lampu eter.

Pada sore hari tanggal 4 Mei, peralatan proyektor terbakar,[1] dan 126 orang—kebanyakan wanita bangsawan—meninggal akibat kebakaran yang terjadi dan kepanikan penonton yang hadir. Lebih dari 200 orang lainnya menderita luka tambahan,[2] dan bencana tersebut—terkenal karena pintu keluarnya tidak ditandai dengan benar[2][3]—dilaporkan secara internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard Abel, The Ciné Goes to Town: French Cinema, 1896–1914 (University of California Press, 1994), p. 17.
  2. ^ a b FireNet International (2010). "History of Fire Safety Legislation and other Interesting Facts". web address. Fire Net International. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2009. Diakses tanggal 2010-03-12. 
  3. ^ Michèle Fontana, "Faits divers et politique: l'incendie du Bazar de la Charité (1897)", in Regards populaires sur la violence, edited by Mireille Piarotas (Publications de l'Université de Saint-Étienne, 2000), pp. 101–107.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]