Baung munti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baung munti
Bagrichthys macracanthus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN180796
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSiluriformes
FamiliBagridae
GenusBagrichthys
SpesiesBagrichthys macracanthus
Bleeker, 1854

Baung munti ( Bagrichthys macracanthus ) adalah spesies ikan lele bagrid yang ditemukan di Vietnam , Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia dan Thailand . Tumbuh hingga panjang 25,0 cm.

Ini adalah satu-satunya spesies dari genus Bagrichthys yang diperdagangkan untuk hobi akuarium . [1] Saat pertama kali didatangkan, ikan ini seringkali masih muda dan kondisinya buruk. Dianjurkan untuk menyesuaikan ikan ini pada suhu tinggi (sekitar 29 °C atau 85 °F). [2] Meskipun aktif di malam hari, spesies ini dapat dilatih untuk makan di tempat terang; bahkan mungkin dilatih untuk memberi makan dari tangan pemiliknya. Ikan ini cenderung teritorial di antara jenisnya sendiri meskipun perilaku ini dapat dikurangi dengan menempatkan jantan dengan banyak betina. Spesies ini cukup mudah beradaptasi dengan pH dan DH dan akan tumbuh subur selama dihindari. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Linder, R. Shane (June 2000). "The Catfishes of Asia Family Bagridae part two" (PDF). Cat Chat. 1 (2). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-08-20. 
  2. ^ "PlanetCatfish::Catfish of the Month::January 2001". 2006-06-07. Diakses tanggal 2007-06-11.